Apa itu Phising? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ketika sedang melakukan surfing di internet, ada baiknya selalu tetap berhati – hati terhadap bahaya yang terdapat pada dunia maya. Selain terkena virus, ancaman yang harus sering diwaspadai yaitu tindakan phising. 

Phising berasal dari bahasa slang fishing yang berarti memancing. Melalui metode ini, seorang peretas dapat dengan mudah menjebak Anda untuk memberikan data – data penting seperti kata sandi akun pada jejaring sosial atau data – data yang mencakup kartu kredit Anda saat ini secara tidak sadar melalui internet.

Baca Juga: Browser Cookies Policy Semakin Ketat, Apa yang Harus Dilakukan?

Dua Jenis yang Sering Digunakan

Terdapat dua tipe yang dikategorikan paling populer dan biasanya paling banyak digunakan oleh para pelaku kejahatan yang ada di dunia maya.

  1. Clone Phising

Jenis  ini dilakukan pelaku dengan mengirimkan email yang sudah pernah dipakai dan bersifat resmi sebelumnya, lalu sang pelaku akan menyalin isi email resmi tersebut dengan berisikan tautan yang menuju ke situs yang jahat.

  1. Spear Phising

Untuk jenis ini lebih berfokus terhadap satu orang atau satu kelompok yang sudah dikenal secara luas. Sebelum menyerang, sang pelaku akan terlebih dahulu mencari informasi – informasi tentang korban incarannya. Kemudian dengan data tersebut, sang pelaku akan membuat sebuah pesan yang memastikan sang korban pergi ke sebuah situs atau mengunduh suatu file jahat.

phishing
Sumber: nusa.id

Cara Mencegah Phising

  1. Berfikirlah secara kritis tentang email yang diterima. Perhatikan dengan seksama email tersebut, apakah sang pengirim email sesuai dengan email resmi atau tidak.
  2. Tidak sembarangan mengklik sebuah tautan yang ada dalam email atau website. Cobalah untuk mengetik sebagian dari konten tautan dalam mesin pencari untuk memeriksa apakah terdapat riwayat phising atau tidak pada metode tersebut.
  3. Selalu berhati – hati terhadap suatu pop-up ketika sedang mengunjungi suatu halaman website tertentu. Terutama, jika sampai meminta akses login ataupun informasi pribadi seperti kartu kredit dan sebagainya.

Baca juga: Hobbi, Aplikasi Mirip Pinterest yang Dirilis oleh Facebook

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts