Segera Update Google Chrome Terbaru untuk Hindari Zero Day Attack

Jika Anda adalah pengguna web browser Google Chrome, sebaiknya Anda segera menggunakan Google Chrome terbaru untuk menghindari sejumlah serangan hacker. Pihak Google telah menginformasikan bahwa Google Chrome terbaru sudah memiliki tambalan atau patch untuk bug keamanan termasuk zero day bug yang sedang dieksploitasi secara aktif oleh para hacker.

Zero day bug adalah kerentanan pada perangkat lunak yang baru saja ditemukan sehingga pihak pengembang harus segera memperbaikinya sebelum hacker mengekspoitasi kerentanan tersebut. Masalah Zero day bug ini menjadi kasus ke tiga yang harus dialami oleh Google selama satu tahun terakhir. Google telah menambal zero day bug yang pertama pada bulan Maret tahun 2019 (CVE-2019-5786 di Chrome 72.0.3626.121), kemudian bulan November 2019 (CVE-2019-13720 di Chrome 78.0.3904.8), dan yang ketiga di Bulan Februari 2020 (CVE-2020-6418 di Chrome 80.0.3987.122).

Baca Juga: Apa Itu Zero Day Attack ? Bagaimana Cara Menghindarinya ?

Google Chrome Terbaru
Sumber: pixabay.com

Kerentanan apa yang ditemukan ?

Kerentanan tersebut ditemukan dan dilaporkan tim Chromium oleh Clement Lecigne dari Google Threat Analysis Group pada tanggal 18 Februari yang lalu. Pihak Google sendiri tidak memberikan detail informasi mengenai kerentanan yang sedang dieskploitasi. Mereka  hanya menginformasikan bahwa CVE-2020-6418 berasal dari tipe confusion flaw di V8.

V8 adalah komponen pada Google Chrome yang bertanggung jawab untuk memproses kode Javascript. Sedang confusion flaw biasanya akan muncul ketika suatu program mengakses sumber daya menggunakan tipe yang tidak kompatibel sehingga mengarah pada logical error. Hal inilah yang menyebabkan hacker dapat menjalankan kode berbahaya di dalamnya.

Google Chrome Terbaru Merilis Patch Kerentanan

Google telah memperbaiki kerentanan beresiko tinggi yang ditemukan pada Google Chrome. Anda dapat menggunakan Google Chrome terbaru yaitu versi 80.0.3987.122. Pembaruan ini dirilis untuk pengguna Windows, Mac, dan juga Linux. Saat raksasa teknologi ini melakukan pembaruan pada sistem mereka, maka pengguna juga harus mengupdate Chrome yang mereka gunakan agar terhindar dari serangan hacker.

Baca Juga: 3 Kasus Cyber Crime Terpopuler yang Pernah Terjadi

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa penetration testing untuk meningkatkan sistem keamanan pada sistem website atau aplikasi yang Anda gunakan. Kami memiliki tim IT security bersertifikat yang akan membantu melakukan sejumlah pengujian (penetration testing ) pada sistem yang Anda gunakan. Silakan hubungi kami atau kunjungi Layanan Penetration Testing kami untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts