Pro Kontra Penggunaan Web Framework untuk Proses Development

Web framework merupakan sekumpulan komponen yang dirancang dan dikembangkan untuk menyederhanakan proses pengembangan website. Web framework sangat berguna bagi para web developer. Tools ini dapat membuat mereka bekerja dengan lebih cepat karena di dalamnya sudah terdapat pola dasar, konsep, atau pun plugin untuk membangun web dan aplikasi. Dengan menggunakannya, para web developer bisa menjadi lebih fokus pada hal-hal penting lainnya.

Meskipun terlihat sangat berguna, di dikalangan web developer penggunaan framework ini terkadang masih menimbulkan pro dan kontra. Mereka beranggapan bahwa framework juga memiliki kekurangan yang perlu untuk diperhatikan.

Pro dengan Penggunaan Web Framework

Bagi web developer, framework memiliki menyediakan kemudahan, kelebihan, atau pun manfaat untuk pengembangan website dan aplikasi, diantaranya seperti :

  1. Bersifat open source

Sebagian besar framework populer bersifat open source sehingga dapat digunakan secara gratis. Biasanya framework juga hadir dengan lisensi yang tidak membatasi penggunanya untuk mengembangkan produk komersial.

  1. Sistem keamanan yang baik

Web framework yang banyak digunakan memiliki implementasi keamanan yang baik. Selain itu, framework juga memiliki komunitas besar di belakangnya sehingga ketika ada temuan bug atau celah keamanan, maka komunitas dapat membantu melaporkannya kepada pihak pengembang untuk segera diperbaiki.

  1. Hemat waktu

Ketika menggunakan web framework, developer tidak perlu untuk menulis banyak code repetitif yang akan digunakan dalam pengembangan web atau aplikasi. Oleh karenanya, Anda bisa membangun proyek dalam waktu yang jauh lebih singkat.

  1. Mempunyai support yang baik

Framework populer biasanya memiliki dokumentasi serta support yang baik. Anda juga bisa mengandalkan support atau bantuan dari komunitas besar dari framework tersebut.

Baca Juga: Frameworks Populer untuk Membangun Progressive Web Apps (PWA)

web framework
Sumber: pixabay.com

Kontra dengan Penggunaan Web Framework

Framework juga memiliki kelemahan, seperti :

  1. Dapat digunakan siapa saja

Karena bersifat open source, framework juga bisa digunakan oleh siapa saja termasuk pengguna dengan niat buruk. Mereka dapat mencari bug atau kelemahan di dalamnya untuk menyerang pengguna lainnya.

  1. Harus mengikuti style framework

Framework membuat Anda harus bekerja sesuai dengan cara kerja mereka. Selain itu terdapat beberapa hal yang tidak bisa Anda modifikasi.

Baca Juga: 4 Python Framework Populer yang Sering Digunakan Developer

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia memiliki beragam layanan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan Anda. Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi Logique atau klik Layanan Logique untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Saat ini Logique juga membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Silakan cek informasi selengkapnya di halaman karir Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts