Google-Station

Mengenal Google Station. Layanan Google yang Berhenti di Akhir 2020

Februari 28th, 2020 |

Google telah menginformasikan bahwa salah satu layanannya di Indonesia akan dihentikan, yaitu Google Station. Layanan ini sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak tahun 2017. Namun setelah berjalan beberapa tahun, Google memutuskan untuk menghentikan layanan tersebut di Indonesia pada akhir tahun 2020 ini.

Pihak Google menginformasikan, bahwa salah satu alasan mengapa layanan ini dihentikan adalah karena adanya perubahan teknologi serta semakin murahnya harga paket internet seluler di Indonesia. Di negara lain seperti India, Google Station juga sudah dihentikan. Lalu apa sebenarnya Google Station ini ? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: 5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

Apa itu Google Station?

Google Station adalah end-to-end platform yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mendapat koneksi WiFi publik berkualitas. Program ini pertama kali diumumkan pada September 2015 dan mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2017. Layanan ini tidak hanya tersedia di Indonesia namun juga di beberapa negara yang lain seperti India, Mexico, Thailand, Nigeria, Philippines, Brazil, Vietnam, dan South Africa. Di India, Google Station termasuk proyek WiFi publik terbesar dengan jumlah pengguna potensial. Meskipun demikian, saat ini layanan Google ini juga sudah dihentikan di negara tersebut.

Google menginformasikan bahwa kualitas koneksi yang disediakan oleh Google berbeda dengan koneksi Wifi publik pada umumnya. Pihak Google menjanjikan bahwa pihak pengguna nanti bisa mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi sehingga mudah untuk streaming video HD atau mengakses berbagai layanan. Selain itu, Google juga mengatakan bahwa data pengguna akan tetap aman dan terlindungi selama menggunakan koneksi mereka.

Di Indonesia sendiri, Google bekerjasama dengan ISP lokal yaitu CBN dan FiberStar. Google mengelola kualitas koneksi WiFi menggunakan berbagai software sedang CBN dan FiberStar bertugas untuk menyediakan kabel dan akses internet yang disebarkan sebagai WiFi. Google Station hadir di Indonesia untuk menjembatani masyarakat yang tidak bisa menikmati koneksi internet yang baik. Namun melihat sekarang harga paket data sudah semakin murah serta memiliki kualitas yang cukup baik, maka Google memutuskan untuk menghentikan layanan ini.

Baca Juga: 4 Jenis Layanan Google yang Dapat Anda Gunakan untuk Beriklan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan website dengan konten berkualitas untuk website perusahaan Anda. Jika Anda ingin meningkatkan keuntungan menggunakan teknologi digital, kami juga dapat membantu memberikan layanan digital marketing serta optimasi SEO . Silakan hubungi kami atau klik layanan optimasi SEO Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *