4 Prototyping Tools yang Berguna untuk UI UX Desainer

Prototyping tools sangat dibutuhkan oleh UI UX desainer ketika mereka membuat sebuah desain. Dengan adanya prototype ini, Anda dan tim desainer dapat mengevaluasi produk dan memperoleh suatu feedback pada tahap awal pengembangan proyek. Selain itu, prototyping tools juga memungkinkan pihak desainer dan klien dapat berkolaborasi dengan baik karena klien akan memperoleh gambaran visual mengenai konsep yang akan dikembangkan. Berikut beberapa prototyping tools terbaik yang bisa digunakan oleh UI UX desainer.

4 Rekomendasi Prototyping Tools

  1. Invision

InVision merupakan alat prototyping berbasis web yang memungkinkan pihak desainer untuk bisa membuat mockups interkatif baik untuk proyek web atau pun seluler. Dengan alat ini, Anda dapat mengunggah desain halaman statis kemudian menambahkan hotspot untuk mengubahnya menjadi mockups yang interaktif. Invision memiliki banyak fitur yang memudahkan workflow para desainer, mulai dari men-design, me-review, menguji dan membagikannya dengan tim lain. Ketika menggunakannya, Anda dapat mengunggah beberapa jenis file seperti JPG, PNG, GIF, AI, dan PSD. Alat ini cocok untuk pengguna Mac dan Windows.

  1. Sketch App

Sketch adalah alat desain berbasis vektor yang dapat digunakan untuk merancang interface dengan cepat. Alat ini dapat digunakan oleh pengguna Mac. Alur kerja Sketch yang sepenuhnya berbasis vektor dapat memudahkan penggunanya untuk membuat desain berkualitas mulai dari awal sampai akhir pengembangan. Dalam UI desain, banyak elemen yang digunakan secara berulang seperti buttons, bars, atau pun bubbles. Dengan tool ini, elemen tersebut dapat digunakan kembali secara otomatis. Sketch juga memiliki fitur “export to code” yang berfungsi untuk mengubah desain menjadi sebuah kode.

prototyping tools
Sumber: pixabay.com

Baca Juga: Tips UI Design untuk Memudahkan User dalam Mengoperasikan Website

  1. Adobe XD

Dengan Adobe XD, UI UX desainer dapat membuat prototypes, wireframes, atau pun screen layouts. Di dalamnnya terdapat dua tab utama yaitu tab design dan prototype. Tab design berfungsi untuk membuat desain, sedang tab prototype digunakan untuk menampilkan preview desain yang sudah dibuat. Alat ini cocok untuk pengguna Mac dan Windows.

  1. Framer

Framer juga bisa menjadi salah satu prototyping tools yang diandalkan oleh pengguna Mac. Tool ini membutuhkan kombinasi antara kode dan desain serta sangat sesuai untuk pembuatan prototype animasi yang interaktif. Alat ini juga menawarkan workflow desain all-in-one, mulai dari pembuatan desain, kolaborasi tim, sampai pembuatan prototype.

Baca Juga: Berencana untuk membuat Desain UX? Pelajari Dulu Proses Desain Berikut

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia dapat membantu Anda untuk mengembangkan website atau pun aplikasi desain desain yang berkualitas. Sampai saat ini, LOGIQUE sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis melalui teknologi digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapat detail informasi mengenai layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts