Bagaimana Cara Mengaktifkan Facebook Dark Mode?

Facebook dark mode akhirnya dirilis untuk versi Lite. Dark mode adalah mode tambahan pada aplikasi untuk mengubah tema warna menjadi berwarna gelap. Desain ini dapat mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat namun tetap mempertahankan rasio kontras warna minimum yang diperlukan untuk readability.

Sudah banyak aplikasi yang menerapkan desain ini, mulai dari Google, Slack, Telegram, Twitter, dan masih banyak lagi. Desain dark mode semakin populer dan banyak diminati karena kelebihannya yang mampu membuat nyaman mata pengguna. Microsoft juga pernah menyatakan bahwa dark mode atau mode gelap dapat menghemat daya baterai yang digunakan. Oleh karena itulah, saat ini semakin banyak aplikasi yang menerapkan mode gelap atau dark mode.

Meskipun Facebook dark mode saat ini baru dirilis untuk versi lite, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya Facebook akan menerapkan mode gelap pada aplikasi reguler. Pada dasarnya, Facebook lite memiliki fungsi yang sama dengan Facebook reguler, hanya saja versi Lite memiliki ukuran yang lebih ringan sehingga cocok digunakan untuk smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang minim.

Baca Juga: Prediksi Tren Design Website yang Akan Banyak Diminati di Tahun 2020

Cara Mengaktifkan Facebook Dark Mode?

Facebook dark mode
Sumber: echfoe.com

Untuk mengaktifkan Facebook dark mode, Anda harus memastikan bahwa saat ini sedang menggunakan Facebook lite versi terbaru. Setelah itu, buka aplikasi Facebook Lite dan klik pada menu hamburger atau ikon tiga garis vertikal di bar bagian atas. Pada menu tersebut, Anda dapat scroll ke bawah sampai menemukan menu Dark Mode toggle. Aktifkan tombol tersebut dan secara otomatis tampilan Facebook Anda akan berubah.

Setalah diaplikasikan, Facebook lite akan menampilkan warna tema gelap pada hampir seluruh aplikasinya, mulai dari feed, profile, dan juga setting. Warna gelap yang digunakan Facebook bukanlah hitam namun abu-abu. Pengguna menginformasikan bahwa warna abu-abu dapat mengurangi ketegangan mata sehingga teks berwarna terang akan lebih nyaman untuk dibaca. Perlu Anda ketahui, mode gelap ini akan tersedia untuk pengguna secara bertahap. Jadi, tidak semua pengguna Facebook Lite dapat langsung menerapkan mode ini.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Desain Dark Mode

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts