5 Pentesting Tools yang Digunakan oleh Wifi Hacker (Ethical Hacker)

Tidak semua wifi hacker memiliki tujuan yang jahat ketika mengeksploitasi jaringan internet seseorang. Bahkan beberapa hacker dibutuhkan oleh perusahaan untuk melindungi sistem atau jaringan mereka. Hacker ini biasa disebut dengan istilah ethical hacker. Mereka akan mencoba meretas jaringan wifi Anda untuk mengetahui kerentanan keamanan yang ada di dalamnya sehingga dapat segera diperbaiki. Jika Anda belum mengetahui apa itu ethical hacker, Anda dapat membaca informasi lengkpanya pada artikel berikut : Apa itu Ethical Hacker? Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

Dalam menjalankan penetration testing, tim wifi hacker ini akan menggunakan beberapa tools. Berikut beberapa tools populer yang sering mereka gunakan.

  1. Aircrack

Aircrack adalah salah satu alat pentesting wifi paling populer untuk memecahkan kata sandi wifi WEP dan WPA. Alat ini memiliki algoritma yang cerdas untuk menemukan kata sandi wifi dengan cara mengambil paket jaringan. Setelah paket dikumpulkan, Aircrack akan mencoba menemukan kata sandi wifi dengan mengimplementasikan serangan FMS yang sudah dioptimalkan. Untuk menggunakan alat ini, wifi hacker harus memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang Linux.

Baca Juga: Hindari Penggunaan Password Terburuk Ini Demi Keamanan Sistem Anda

  1. Airsnort

Airsnort merupakan pentesting tool gratis yang digunakan untuk memecahkan kata sandi wifi pada jaringan WEP. Alat ini cukup mudah digunakan dan tersedia untuk sistem operasi Windows dan Linux. Pada dasarnya, Airsnort bekerja dengan cara memonitor transmisi jaringan untuk menangkap paket-paket penting yang kemudian digunakan untuk membuat kunci enkripsi.

wifi hacker

  1. Cain & Able

Cain & Able cukup populer sebagai alat untuk meretas kata sandi WEP. Wifi hacker menggunakannya melalui bebrapa jenis serangan seperti seperti dictionary attacks, brute force attacks, atau cryptanalysis. Cain & Able juga dapat menganalisis protokol routing untuk menemukan kunci jaringan nirkabel.

Baca Juga: Apa Itu Brute Force? Apa Saja Metode yang Digunakan ?

  1. WireShark

Wireshark juga dapat digunakan sebagai pentesting tools jaringan wifi. Alat ini bersifat open source dan gratis untuk digunakan. Dengan WireShark, wifi hacker  dapat meng-capture paket dan menganalisa pada level mikro untuk menemukan berbagai informasi penting berkaitan dengan jaringan wifi. Untuk menggunakan alat ini, penguji harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai protokol jaringan agar analisa yang dilakukan memiliki hasil yang akurat.

  1. CowPatty

CowPatty merupakan alat pentest untuk meluncurkan dictionary attacks pada jaringan WPA / WPA2 menggunakan otentikasi berbasis PSK. Alat ini akan menjalankan word-list yang berisi ribuan kata sandi untuk masuk ke jaringan wifi. Alat ini mudah dan sederhana namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguji jaringan.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa penetration testing untuk mengamankan sistem Anda. Kami memiliki tim IT security berpengalaman yang akan melakukan sejumlah pengujian untuk meningkatkan sistem keamanan perusahaan Anda. Silakan klik Layanan Pentest atau hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Silakan follow akun media sosial  kami di Facebook, Instagram, atau pun Linkedin untuk mendapat info-info terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts