Pengertian jQuery, Fitur, Serta Kelebihan-kelebihannya

Sebagain besar developer pasti sudah mengetahui pengertian jQuery. JQuery memang cukup populer di kalangan pengembang website karena kesederhanaan dan kemudahan dalam menggunakannya. Selain itu, jQuery juga mudah untuk dipelajari. Anda dapat dengan mudah menemukan informasi seputar jQuery seperti code snippets, tutorial, dan masih banyak lagi. Selain itu, jQuery juga memiliki komunitas besar yang sangat membantu.

Jika saat ini Anda sedang belajar Javascript, berikut kami sediakan pengertian jQuery beserta fungsi dan kelebihannya.

Pengertian jQuery

jQuery adalah JavaScript library yang andal, ringkas, cepat serta kaya akan fitur. Tujuan jQuery dikembangkan adalah untuk menyederhanakan event handling, HTML document traversing, Ajax dan animasi sehingga proses pengembangan situs website dapat berjalan dengan lebih cepat.

Meskipun saat ini terdapat banyak library Javascript, namun jQuery masih menjadi yang paling populer. Library ini juga bersifat open source dan berada di bawah dua lisensi yaitu MIT dan GPL.

Baca Juga: 10 Trik JQuery Untuk Coding yang Lebih Profesional

pengertian jquery
Sumber: teknojurnal.com

Setelah mengetahui apa pengertian jQuery, berikut beberapa fitur utama yang disediakan oleh jQuery.

Beberapa fitur jQuery:

  1. DOM manipulation

Anda dapat memanipulasi elemen DOM menggunakan berbagai fungsi jQuery bawaan. Misalnya, menambahkan atau menghapus elemen, memodifikasi konten html, css class, dan lain-lain.

  1. jQuery Event Methods

Library ini memiliki fungsi yang setara dengan DOM events seperti click, dblclick, mouseenter, mouseleave, blur, keyup, keydown, dan lain-lain.

  1. Special Effects

Anda dapat mengaplikasikan special effect pada elemen DOM seperti show or hide element, fade-in  /  fade-out visibility, animasi, dan masih banyak lagi.

  1. AJAX

jQuery juga menyediakan fungsi AJAX yang mudah digunakan untuk load data dari server tanpa harus reloading seluruh halaman.

  1. Cross-browser support

jQuery dapat secara otomatis menangani masalah cross-borwser atau lintas browser sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan tersebut.

Kelebihan menggunakan Jquery

  1. Mudah dipelajari karena Jquery menggunakan style coding yang sama dengan Javascript.
  2. Sesuai dengan slogannya “Write less do more”, library ini menyediakan beragam fitur yang memungkinkan pihak pengembang menjadi lebih produktif dengan menulis lebih sedikit code.
  3. Memiliki dokumentasi API yang baik.

Baca Juga: 6 Skill yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Front End Developer

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan beragam layanan untuk Anda. Kami dapat menangani pengembangan website dan aplikasi, digital marketing, penetration testing, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai layanan LOGIQUE silakan hubungi kami atau klik layanan Logique. Anda juga bisa mengikuti akun media sosial  kami di Facebook, Instagram, atau pun Linkedin untuk mendapat info-info terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts