Augmented Reality VS Virtual Reality. Apa Perbedaanya ?

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) merupakan dua teknologi yang sedang populer saat ini. Berbagai bidang industri seperti pemasaran, gaming, atau entertainment banyak yang memanfaatkan teknologi ini untuk memperoleh keuntungan. Baik Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality sama-sama memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengubah persepsi Anda tentang dunia. Lalu apa perbedaan kedua teknologi ini? berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Augmented Reality (AR)

Augmented Reality
Sumber: greenbuzzagency.com

Augmented Reality adalah sebuah teknologi dimana dunia nyata akan dilengkapi dengan informasi tambahan seperti teks , gambar, animasi, video, atau objek 3D yang dapat bergerak. Teknologi ini akan menambahkan elemen digital dan menciptakan ilusi bahwa elemen tersebut merupakan bagian dari dunia nyata di sekitar Anda. Augmented Reality akan memperkaya dunia nyata dengan benda-benda virtual.

Salah satu game populer yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini adalah Pokémon GO. Game seluler ini memungkinkan pemainnya untuk menangkap dan melatih Pokemon di kehidupan nyata. Perusahaan IKEA juga sudah memanfaatkan teknologi AR. IKEA merupakan peritel perabot rumah tangga dari Swedia. Mereka mengembangkan aplikasi mobile yang dapat memvisualisasikan bagaimana item barang akan terlihat ketika diletakkan di rumah konsumen.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Bisnis Harus Membuat Instagram Stories Filter Sendiri

Virtual Reality (VR)

Augmented Reality
Sumber: www.pexels.com

Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk bisa berinteraksi dengan dunia maya yang telah disimulasikan oleh komputer. Pengguna atau users yang menggunakan virtual reality equipment seperti gloves / headset VR dapat merasakan bahwa mereka sedang berada di dalam dunia virtual.

Teknologi Virtual Reality banyak digunakan untuk berbagai bidang industri seperti games, hiburan, pendidikan, atau pun science. Para pilot juga telah memanfaatkan teknologi ini. Mereka dapat berlatih untuk menerbangkan pesawat secara virtual tanpa harus benar-benar menerbangkan pesawat sungguhan.

Baca Juga: Pengertian Artificial Intelligence dan Contoh Penerapannya

Perbedaan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

AR : Teknologi ini akan menambah konten digital di dunia nyata.

VR : Teknologi akan mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital.

AR: User tetap terhubung dengan dunia nyata sambil berinteraksi dengan objek virtual di sekitarnya.

VR : User seperti terisolasi dari dunia nyata dan merasa bahwa mereka secara keseluruhan berada di dunia virtual.

AR: Teknologi dapat diakses melalui  kamera ponsel dan tampilan konten virtual dapat dilihat melalui layar perangkat.

VR: Untuk merasakan teknologi ini, users membutuhkan perangkat seperti headset.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan terkait pengembangan website atau pun aplikasi. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts