5 Tips Menulis Source Code yang Baik dan Mudah Dipahami

source code

Source code merupakan komponen penting dalam program komputer yang dibuat oleh seorang programmer atau developer. Di dalamnya berisi deklarasi, instruksi, fungsi, loop, dan pernyataan lain yang bertindak sebagai instruksi agar program berfungsi sesuai dengan apa yang diinginkan.

Source code juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk komunikasi, tidak hanya untuk program komputer namun juga untuk pihak programmer. Oleh karenanya, source code harus ditulis dengan baik dan rapi agar programmer lain dapat berkontribusi ketika harus memodifikasi atau memperbaiki bug dalam waktu yang singkat. Untuk membuat source code yang baik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Tips Menulis Source Code yang Baik

  1. Tulis code dengan simple

Sebaiknya hindari penulisan code yang kompleks atau rumit. Semakin sederhana source code yang Anda tulis, maka semakin sedikit bug yang mungkin ditemukan dan proses debugging pun akan berjalan lebih singkat. Oleh karenanya, buatlah code program sesimpel dan seefisien mungkin agar proses compiling kode juga dapat berjalan dengan jauh lebih cepat.

  1. Tetap konsisten

Setiap programmer mungkin memiliki gaya penulisan yang berbeda. Namun Anda harus tetap memiliki konsistensi dalam penulisan code program seperti ketika pemberian nama variabel, ukuran, case sensitive agar lebih mudah untuk mengingatnya.

  1. Buat komentar

Tambahkan komentar pada baris code program untuk menjelaskan fungsi serta bagaimana cara menggunakannya. Dengan menambahkan komentar, Anda menjadi lebih mudah untuk mengingat fungsi yang sudah dibuat. Hal ini juga dapat membantu rekan Anda untuk lebih cepat memahami program yang sudah Anda buat sebelumnya.

source code
Sumber : pexels.com

Baca Juga: Mengenal GraphQL Beserta Kelebihan-kelebihannya

  1. Lengkapi dengan dokumentasi

Buat sebuah dokumentasi yang dilengkapi dengan tour guide untuk menjelaskan apa dan bagaimana kode bekerja. Dengan menyediakan dokumentasi, programmer lain dapat menghemat banyak waktu untuk memahami source code yang sudah Anda buat.

  1. Selalu update

Anda harus selalu update cara penulisan karena terdapat cara-cara penulisan kode yang mengalami perubahan di tiap-tiap versinya.

Jika saat ini Anda menulis menggunakan bahasa pemrograman PHP, Anda dapat menggunakan panduan coding style dari PHP-FIG ketika menulis code.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Text Editor yang Dapat Digunakan oleh Programmer

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan terkait pengembangan website dan aplikasi. Jika Anda tertarik untuk membuat website atau aplikasi, Logique dapat menanganinya untuk Anda. Silakan klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapat info lebih lanjut.

Logique Digital Indonesia saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi. Jika Anda ingin mengembangkan karir bersama Logique, Anda dapat mengunjungi halaman karir kami dan apply posisi yang sesuai dengan skill atau pengalaman Anda.

Related Posts