5 Profesi yang Akan Tergantikan Karena Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi telah membawa dampak untuk kehidupan manusia. Dengan teknologi, aktivitas atau pekerjaan kita dapat diselesaikan secara lebih efektif dan efisien.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita sedang mengalami revolusi industri 4.0 dimana pelaku industri mengijinkan komputer untuk saling terhubung dan berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Dalam revolusi industri 4.0, banyak industri menerapkan otomisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa menggunakan tenaga manusia.

Melihat hal ini terjadi, tidak dipungkiri bahwa beberapa pekerjaan dapat digantikan oleh teknologi. Berikut beberapa diantaranya.

Profesi yang dapat digantikan karena perkembangan teknologi

  1. Telemarketer

Telemarketer pada umumnya akan menghubungi melalui telepon dan berbicara dengan client menggunakan script yang sudah disediakan oleh perusahaan.  Konversi yang dihasilkan oleh telemarketer memiliki tingkat yang cukup rendah karena orang mulai merasa terganggu. Orang-orang juga banyak yang merasa khawatir dengan berbagai kasus penipuan yang dilakukan melalui telepon. Selain itu, telemarketer memiliki tugas repetitive dan dapat diprediksi sehingga sangat berpeluang untuk diotomasikan. Kemungkinan telemarketer akan digantikan oleh teknologi mencapai 99% dan profesi ini akan semakin berkurang sekitar 3% di tahun 2024.

  1. Customer service

Customer service juga dapat tergantikan karena perkembangan teknologi. Beberapa perusahaan saat ini sudah menggunakan perangkat lunak seperti chatbots yang dapat membantu berbagai tugas mulai dari membuat janji pertemuan, menjawab telepon, memberi informasi, dan tugas customer service yang lain. Kemungkinan tugas customer service dapat digantikan dengan teknologi mencapai 96%.

Baca Juga: Pengertian Artificial Intelligence dan Contoh Penerapannya

  1. Proofreaders

Proofreaders memiliki tugas untuk memastikan konten bebas dari kesalahan penulisan mulai dari pengejaan, format, sampai tanda baca. Perkembangan teknologi telah menghadirkan berbagai proofreading software dan sudah banyak perusahaan yang menggunakannya. Bahkan saat ini juga sudah banyak alat untuk mendeteksi plagiarisme dan memperbaiki struktur kalimat sehingga peran manusia dapat digantikan.

perkembangan teknologi
Sumber: unsplash.com
  1. Agen pemesanan tiket perjalanan

Perkembangan teknologi menghadirkan berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan. Hanya dengan koneksi internet dan perangkat smartphone, saat ini orang-orang dapat dengan mudah memesan tiket secara online. Jika sampai saat ini agen travel tidak bertransformasi ke arah digital, maka diprediksikan usaha agen travel tidak lama lagi akan hilang.

  1. Web developer

Web developer memang bekerja di bidang teknologi, namun berdasarkan data yang diperoleh dari willrobotstakemyjob.com, profesi ini juga memiliki kemungkinan untuk digantikan sekitar 21%. Banyak layanan seperti SquareSpace yang memungkinkan penggunanya untuk membangun situs web sendiri tanpa harus membuat baris kode.

Meskipun demikian, teknologi atau pun AI tidak akan pernah dapat membangun web seperti yang dapat dilakukan oleh pengembang manusia. Ketika AI berhasil mengotomasi pembuatan web atau aplikasi, peran pengembang manusia akan tetap dibutuhkan untuk memastikan sistem dapat berjalan dengan lancar serta tanpa masalah. Selain itu, proses maintenance juga akan dilakukan oleh manusia.

Baca Juga: Apa itu Industri 4.0 ? Apa Strategi Indonesia untuk Menghadapinya ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT terpercaya di Indonesia. Kami menyediakan beragam layanan seperti web development, web design, app development, digital marketing, penetration testing, dan lain-lain. Saat ini LOGIQUE  membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Jika Anda tertarik untuk bekerja di bidang IT, silakan cek informasi lowongan kerja ini di halaman karir kami atau hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts