5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat beragam jenis mesin pencari selain Google. Namun karena Google adalah mesin pencari paling populer, maka sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakannya. Bahkan di wilayah Uni Eropa, Google telah dianggap melakukan praktik monopoli karena menjadi default search engine di perangkat Android.

Akibatnya, mesin pencari ini dikenai sanksi dan diharuskan untuk membayar sejumlah denda. Selain itu, mulai tanggal 1 Maret 2020 search engine ini diminta untuk memberikan alternatif mesin pencari selain Google di perangkat Android. Berdasarkan info yang didapat dari cnbcindonesia.com, Google akhirnya merilis daftar mesin pencari pilihan di 31 negara Uni Eropa. Dari daftar tersebut, berikut beberapa mesin pencari favorit selain Google.

5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google

  1. DuckDuckGo

    mesin pencari selain google 123

Jika Anda adalah orang yang memprioritaskan privasi, maka mesin pencari ini sesuai untuk Anda. Di Google, aktivitas pencarian Anda akan dilacak dan dikemas dalam bentuk profil data sehingga pengiklan dapat mengikuti Anda di internet. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pencarian untuk suatu merek mobil, maka Google akan terus menampilkan iklan yang berhubungan dengan merek mobil tersebut di berbagai website yang Anda kunjungi.

Tidak seperti Google, DuckDuckGo ini tidak akan men-tracking aktivitas pencarian Anda. DuckDuckGo tidak akan menggunakan cookies dan mengumpulkan informasi pribadi dari penggunanya.

Baca Juga: 4 Tools yang Dapat Digunakan untuk Cek Ranking Website di Google

  1. Info.com

Info.com atau InfoSpace merupakan mesin pencari selain Google yang dibentuk oleh co-founder Microsoft yaitu Paul Allen. Mesin pencari ini diluncurkan pada tanggal 18 Oktober 2004 dan diperkirakan sudah memiliki lebih dari 13,5 juta pengunjung unik setiap bulan. Mesin pencari ini memiliki search plugins untuk Google Chrome, Internet Explorer, dan Firefox.

  1. PrivacyWall

Selain DuckDuckGo, PrivacyWall juga bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi ketika melakukan pencarian. Misi dari PrivacyWall adalah agar konsumen, bisnis, atau bahkan pemerintah memiliki sebuah kontrol untuk melindungi privasi data mereka. PrivacyWall menyadari bahwa saat ini banyak mesin pencari yang menangkap dan merekam semua aktivitas online Anda. Oleh karenanya, mereka menyediakan solusi dengan layanan privasi yang lebih baik.

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking?

  1. Qwant

    mesin pencari selain google

Mesin pencari selain Google yang selanjutnya adalah Qwant. Qwant dirancang dan dibangun dengan dua pilar mendasar yaitu melindungi privsi pengguna dan tidak mengumpulkan data pribadi pengguna. Mesin pencari ini juga akan mengindeks website tanpa diskriminasi atau dengan kata lain tidak ada situs website yang diprioritaskan untuk muncul pada hasil pencarian. Selain itu, Qwant juga memperhatikan penggunanya yang berusia 6 sampai 13 tahun dengan menghadirkan Qwant Junior. Tidak seperti Google, Qwant adalah mesin pencari bebas cookies. Oleh karenanya, mesin pencari ini tidak menyimpan riwayat penelusuran Anda.

  1. Yandex

Yandex adalah mesin pencari selain Google yang dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan Rusia. Pada awalnya Yandex menggunakan bahasa Rusia dan dapat diakses melalui yandex.ru, namun saat ini mesin pencari ini sudah semakin berkembang dan memiliki versi bahasa Inggris di yandex.com. Sebagian besar fitur Yandex hampir sama dengan mesin pencari populer lainnya. Salah satu hal yang membuat Yandex menarik adalah ketika pengguna ingin mendapatkan informasi tambahan dari hasil penelusuran yang dilakukan, Yandex menyediakan tombol untuk melakukan pencarian melalui Google atau Bing.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia dapat melayani jasa pembuatan konten berkualitas untuk website perusahaan Anda. Jika Anda ingin meningkatkan keuntungan melalui teknologi digital, kami juga dapat membantu memberikan layanan digital marketing serta optimasi SEO . Silakan hubungi kami atau klik layanan optimasi SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts