Mengenal Duckduckgo Search Engine. Apa Saja Kelebihannya?

DuckDuckGo search engine

DuckDuckGo search engine menjadi salah satu mesin pencari yang memiliki banyak peminat selain Google. Sama seperti mesin pencari yang lain, DuckDuckGo juga dapat membantu Anda untuk menemukan beragam informasi sekaligus layanan yang Anda butuhkan di internet. Jika Anda masih asing dengan search engine ini, berikut kami sediakan ulasannya untuk Anda.

Apa itu DuckDuckGo search engine ?

DuckDuckGo search engine menggambarkan dirinya sebagai mesin pencari yang tidak akan melacak aktivitas online penggunanya. Mereka tidak akan mengumpulkan informasi pribadi, cookies, bahkan alamat IP Anda juga akan disembunyikan.

DuckDuckGo juga menawarkan versi terenkripsi yang secara otomatis mengubah tautan dari sejumlah situs ke versi terenkripsi dari situs web tersebut. Dengan demikian, pencarian yang Anda lakukan akan jauh lebih terlindungi.

Mesin pencari ini didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tanggal 29 Februari 2008 di Valley Forge dan sudah semakin berkembang. Sampai Desember 2019 tahun lalu, DuckDuckGo menerima rata-rata 49.855.908 kueri pencarian perhari.

DuckDuckGo search engine

Baca Juga: 5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

Apa Saja Kelebihan DuckDuckGo search engine?

  1. Menjaga privasi

Kelebihan yang menjadikan search engine ini semakin populer adalah karena kebijakan privasi mereka. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, search engine ini tidak akan mengumpulkan berbagai informasi pribadi penggunanya. Pencarian yang dilakukan di sini akan sepenuhnya anonim. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan riwayat pencarian sehingga semua pencarian terlihat belum pernah dilakukan sebelumnya.

  1. Fitur Bang

    DuckDuckGo search engine
    Sumber: duckduckgo.com

Bang merupakan shortcuts yang dapat dengan cepat membawa pengguna kepada hasil pencarian di situs web lain. Fitur ini terletak tepat di sebelah tombol search. Di sana Anda dapat melihat panah kecil yang dapat Anda gunakan untuk memilih beberapa situs web populer. Sebagai contoh, ketika Anda ingin melakukan pencarian di situs Amazon, maka Anda tinggal memilih !a dan memasukkan kata kunci yang ingin dicari. Untuk melihat situs website populer dan perintah (!) yang disediakan, Anda dapat mengunjungi halaman fitur bang di duckduckgo.com

  1. Tidak memiliki banyak iklan

Ketika Anda melakukan pencarian di Google, Anda dapat melihat banyak iklan yang biasanya akan ditampilkan di halaman pertama. Berbeda dengan DuckDuckGo yang menjaga seminimal mungkin hasil pencarian dari iklan. Iklan yang ditampilkan pun hanya berdasarkan kata kunci yang dicari dan bukan dari pelacakan profil pribadi atau riwayat pencarian.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan layanan digital marketing dan optimasi SEO untuk membantu meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Kami juga menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan bisnis Anda mulai dari web development, web design, app development, penetration testing, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami, silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique.

Related Posts