Arti Coding dan Programming. Apa Saja Perbedaannya?

Meskipun secara sekilas terlihat sama, arti coding dan programming sebenarnya berbeda. Orang-orang saat ini sering salah kaprah dan menganggap kedua istilah ini mengandung maksud yang sama karena coding dan programming merupakan dua pendekatan yang sama-sama penting dalam industri software development. Coding dan programming juga menjadi istilah yang sering digunakan secara bergantian di dunia teknologi sehingga banyak orang yang menganggapnya sama. Agar Anda tidak salah dalam mengartikannya, berikut kami sediakan arti coding dan programming.

Arti coding dan programming

Coding

Coding merupakan sebuah cara atau proses untuk menuliskan sederet code yang harus sesuai dengan aturan penulisan (syntax). Penulisan kode juga harus sesuai dengan bahasa pemrograman yang sedang digunakan. Pada dasarnya, arti coding adalah bahasa komputer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, situs website, atau pun software.

Tujuan dasar dari pengkodean adalah menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer dan aplikasi. Kode inilah yang nantinya memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan.

Manfaat belajar coding

  • Anda bisa menggunakan kemampuan Anda untuk mendapatkan penghasilan, baik itu dengan bekerja sendiri atau bergabung dengan perusahaan. Karena saat ini semakin banyak orang yang ingin mengembangkan website, maka kemampuan untuk menulis code bisa Anda tawarkan untuk mendapatkan penghasilan. Anda dapat mencari job freelance melalui webdev-id.com.
  • Anda bisa mengerjakan proyek-proyek Anda sendiri. Ketika Anda mengerjakan proyek orang lain, Anda harus mengembangkan sistem sesuai dengan permintaan mereka. Namun berbeda ketika Anda ingin mengembangkan proyek Anda sendiri. Dengan kemampuan coding yang dimiliki, Anda bisa mengembangkan website atau aplikasi dengan fitur yang Anda inginkan.  Jika Anda adalah seorang pemula dan ingin belajar coding, bahasa yang dapat mulai Anda pelajari adalah Python. Bahasa ini banyak digunakan serta mudah untuk dipahami.
arti coding
Sumber: pexels.com

Baca Juga: 3 Keuntungan yang Didapat Jika Mengikuti Coding Bootcamp 

Programming

Berbeda dengan arti coding yang sudah dijelaskan sebelumnya, programming adalah proses menganalisis dan membuat konsep sistem menggunakan satu atau lebih bahasa pemrograman. Proses programming akan memberi aplikasi atau mesin satu set instruksi yang harus dilakukan.

Seorang programmer biasanya akan bertanggung jawab secara keseluruhan untuk produk perangkat lunak yang dikembangkan, sedangkan coder bertanggung jawab hanya pada beberapa bagian tertentu. Oleh karenanya, kompleksitas yang terkait dengan proses ini membutuhkan keterampilan analisis yang kuat. Programmer ketika mengembangkan aplikasi atau sistem membutuhkan pemikiran tingkat tinggi berkaitan dengan struktur data, arsitektur mesin, dan algoritma.

Manfaat belajar programming

  • Sama seperti coding, ketika Anda memiliki kemampuan programming, maka hal tersebut juga akan membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan. Keterampilan Anda dapat diimplementasikan hampir di semua bidang industri. Banyak perusahaan yang membutuhkan keterampilan Anda untuk mengembangkan website, mobile apps, atau desktop programs.
  • Programming dapat mengasah skill berpikir, kemampuan logis, dan penalaran sehingga Anda akan memiliki kemampuan problem solving yang baik pada masalah yang kompleks. Anda dapat mengasah skill programming dengan mengikuti kursus untuk memahami semua konsep pengkodean dan pemrograman. Belajarlah untuk menulis kode dan membaca kode yang ditulis oleh orang lain untuk menyempurnakan keterampilan analisis.

Kesimpulan

Meskipun arti coding dan programming sering disebut sebagai sinonim, tapi pada prakteknya dua istilah ini memiliki perbedaan. Coding menjadi langkah awal yang berkaitan dengan menerjemahkan dan menuliskan serangkaian kode yang dikonversi menjadi sintaks yang dapat dimengerti oleh mesin. Sedangkan pemrograman berkaitan dengan aspek-aspek dari pemrograman yang yang dapat dieksekusi untuk menghasilkan output sesuai dengan input / instrukti yang diberikan.

Baca Juga: Mengenal GraphQL Beserta Kelebihan-kelebihannya

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan mulai dari pembuatan website, web design, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan detail layanan kami.

Logique saat ini juga sedang membuka lowongan untuk posisi Web Developer. Silakan klik Lowongan Web Developer untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts