Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengembangkan Dompet Digital

dompet digital

Saat ini, penggunaan aplikasi dompet digital sudah semakin mendominasi. Orang lebih menyukai dompet digital daripada pembayaran konvensional karena dinilai lebih cepat dan sederhana. Aplikasi ini juga menawarkan solusi pembayaran yang lebih aman.

Di Indonesia sendiri sudah banyak dompet digital populer, seperti OVO, DANA, JENIUS, DOKU, dan masih banyak lagi. Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), saat ini terdapat 38 dompet digital (e-wallet) dengan lisensi resmi.

Melihat banyaknya peminat akan teknologi dompet digital, banyak perusahaan yang pada akhirnya mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Permintaan pengembangan aplikasi ini biasanya datang dari perusahaan finansial, bank, telekomunikasi, atau e-commerce. Agar aplikasi dapat menarik minat konsumen, tentu aplikasi harus memiliki performa serta tampilan yang baik. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengembangkannya.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengembangkan Dompet Digital

  1. Keamanan dompet digital

Ketika Anda ingin menyediakan layanan untuk transaksi digital, maka keamanan menjadi hal yang harus Anda prioritaskan. Dompet digital dapat Anda amankan dengan menambahkan beberapa fitur keamanan seperti password, point-to-point encryption, tokenization, biometrics, out-of-band authentication, one-time password (OTP) via SMS, security questions, dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan jasa penetration testing untuk memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkan tidak memiliki celah keamanan yang dapat diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Penipuan kode OTP Semakin Marak, Bagaimana Cara Menghindarinya?

  1. Kemampuan memproses segala bentuk pembayaran

Dompet digital sebaiknya dapat memproses segala bentuk pembayaran digital, baik itu kredit atau pun debit, serta memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang tanpa batas ke berbagai rekening bank. Aplikasi juga harus menyediakan beragam opsi bagi pengguna untuk mengirim dan menerima uang hanya dengan beberapa klik di mana pun dan kapan pun pembayaran diperlukan. Agar lebih unggul dari kompetitor Anda, aplikasi juga dapat menyediakan fitur untuk pembayaran tagihan.

dompet digital
Sumber : pexels.com
  1. User Interface yang baik dan interaktif

User Interface (UI) memainkan peran penting untuk meningkatkan enggagement terhadap aplikasi seluler. Anda bisa menambahkan desain animasi di dalamnya, notifikasi untuk memandu konsumen dalam melakukan transaksi, dan lain-lain. Dengan tampilan yang interaktif, pengguna akan terdorong untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Di sisi lain, desain aplikasi juga harus mudah dipahami agar pengguna tidak bingung ketika ingin melakukan transaksi.

Baca Juga: Tips UI Design untuk Memudahkan User dalam Mengoperasikan Website

  1. Budgeting tool

Sediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk merencanakan keuangan mereka secara lebih cerdas menggunakan aplikasi Anda. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengatur kebiasaan berbelanja mereka, melihat pengeluaran dan menabung lebih banyak. Agar dompet digital Anda lebih menonjol daripada kompetitor yang lain berikut beberapa fitur perencanaan yang dapat disediakan :

  • Mampu menetapkan anggaran untuk setiap kategori pengeluaran.
  • Mengirim notifikasi pemberitahuan ketika pengeluaran pengguna hampir melebihi anggaran.
  • Menetapkan tujuan tabungan berdasarkan beberapa kategori sepeti tabungan untuk berlibur, tabungan untuk membeli suatu barang, dll.
  1. Rewarding system

Pemberian reward merupakan cara yang efektif untuk menarik konsumen. Anda dapat mencoba berbagai teknik pemberian reward seperti dengan memberi cash back atau point yang dapat ditukarkan dengan sebuah hadiah.

Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan layanan pengembangan aplikasi seluler. Jika Anda berencana untuk membuat aplikasi sendiri, Anda dapat mempercayakannya kepada Logique. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jasa lain seperti web design, web development, pentest, digital marketing, dan masih banyak lagi. Silakan klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts