caption instagram

4 Tips Membuat Caption Instagram untuk Meningkatkan Engagement

Januari 10th, 2020 |

Caption Instagram yang baik dapat menjadi tool untuk mendapatkan like dan comment, serta mengarahkan lebih banyak user untuk mengunjungi website Anda. Instagram marketing memang mengutamakan konten visual, namun tanpa caption, konten Anda akan sulit untuk dipahami sehingga pesan pemasaran tidak tersampaikan dengan baik. Jika Anda kesulitan untuk membuat caption, berikut kami sediakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Tips Membuat Caption Instagram

  1. Buat kalimat pertama yang menarik

Pada dasarnya Instagram mengijinkan pengguna untuk membuat caption menggunakan 2200 karater. Namun Instagram akan memotong tampilan caption pada user feed setelah baris ketiga atau keempat. Oleh karena itu, pastikan kalimat pembuka dapat memicu keingintahuan follower sehingga mereka tertarik untuk terus membaca seluruh caption yang Anda buat. Anda juga bisa membuat kalimat singkat namun tetap deskriptif sehingga follower dapat memahami pesan tanpa harus mengklik tanda “more” pada caption yang terpotong.

  1. Tambahkan Call-to-Action

Menambahkan kalimat Call to Action di dalam caption Instagram dapat mengundang follower untuk memberi like dan meninggalkan komentar. Hal ini akan memberi pengaruh yang besar pada tingkat engagement yang Anda dapatkan. Call to Action yang baik juga bisa mengajak follower untuk mengunjungi website, bahkan melakukan pembelian.

Berikut beberapa ide Call to Action yang bisa Anda tambahkan:

  • Berikan pertanyaan

Dorong follower untuk meninggalkan komentar dengan memberi mereka sebuah pertanyaan. Pertanyaan yang disampaikan tentu juga harus relevan dengan konten gambar yang Anda posting.

  • Arahkan pengunjung untuk membuka link di bio

Instagram hanya menginjinkan penulisan link yang dapat diklik pada kolom bio. Oleh karenanya, ketika Anda ingin memposting suatu informasi ajak follower untuk membuka kolom bio agar mereka bisa memperoleh informasi secara lebih lengkap.

  • Ajak follower untuk menandai / tag teman-teman mereka

Buat kalimat ajakan yang dapat mendorong follower untuk menandai teman-teman mereka di kolom komentar. Selain meningkatkan engagement, trick ini juga membantu memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas.

Baca Juga:Tips Meningkatkan Engagement dengan Menganalisis Instagram Insights

  1. Gunakan gaya bahasa yang konsisten

Salah satu bagian terpenting ketika membuat caption Instagram adalah penggunaan gaya bahasa yang konsisten serta sesuai dengan brand yang dipromosikan. Pada umumnya, ketika membuat caption orang-orang lebih senang menggunakan gaya bahasa yang santai karena dapat mendorong keterlibatan dengan follower. Anda juga bisa menambahkan beberapa emoji untuk membuat caption terlihat lebih interaktif.

  1. Tambahkan hashtag pada caption Instagram

Hashtag dapat mempermudah pengguna untuk menemukan konten yang mereka cari. Oleh karena itu, dengan menambahkan hashtag di dalam caption, konten menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna dengan minat yang relevan dengan bisnis Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan engagement adalah dengan menggunakan top hashtags Instagram yang berkaitan dengan komunitas yang sesuai dengan target audiens Anda.

Baca Juga: Panduan Menggunakan Hashtag Instagram untuk Menjangkau Audiens

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT profesional dengan berbagai layanan mulai dari jasa pembuatan website, digital marketing, optimasi SEO, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk mendapat banyak keuntungan melalui pemasaran digital, silakan klik jasa digital marketing kami. Anda juga bisa menghubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *