Fitur Apa yang Harus Disediakan Ketika Membuat Aplikasi Message ?

Di tahun 2020, aplikasi message atau aplikasi pesan akan semakin populer. Selain dapat mempermudah komunikasi antar pengguna, aplikasi message juga sudah banyak dimanfaatkan oleh pemilik bisnis sebagai salah satu alat penjualan yang interaktif.

Berdasarkan data yang diperoleh dari www.statista.com, sampai bulan Oktober 2019, WhatsApp menjadi aplikasi message paling populer di dunia. Whatsapp dapat berjalan di sebagian besar platform serta memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Tidak heran jika pengguna Whatsapp terus berkembang dan menjadi aplikasi message paling populer saat ini. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk mengembangkan aplikasi pesan sendiri, terdapat beberapa fitur utama yang harus Anda sediakan di dalamnya.

5 Fitur yang Harus Disediakan di Aplikasi Message

1. Registrasi dan integrasi kontak

Authentication dalam aplikasi pesan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan nomor telepon, email, atau profil media sosial. Saat ini sebagian besar aplikasi pesan mengharuskan penggunanya untuk registrasi menggunakan nomor telepon mereka. Aplikasi kemudian akan mengirim kode konfirmasi melalui SMS untuk alasan keamanan. Setelah terdaftar, pengguna dapat menambahkan foto dan mengatur profil sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Selain itu, aplikasi pesan yang akan Anda buat juga harus menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengimpor daftar kontak ke dalam aplikasi.

2. Mengatur profil

Agar lebih nyaman untuk digunakan, aplikasi harus menyediakan fitur yang membantu pengguna untuk mengatur profil atau tampilan sesuai dengan keinginan mereka. Whatsapp sendiri memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama, wallpaper, ukuran font, memilih foto profil dari kamera atau galeri, dan masih banyak lagi. Sebagian besar aplikasi message saat ini juga mempunyai fitur untuk memperlihatkan informasi atau status pengguna lain, apakah mereka sedang online, waktu terakhir online, atau ketika mereka sedang mengetik.

aplikasi message
Sumber : unsplash.com

3. Messaging

Meskipun aplikasi pesan berjalan menggunakan internet, namun pesan yang dikirim ketika pengguna offline harus tetap dapat diterima begitu pengguna kembali online. Selain itu, aplikasi juga harus menyediakan status pesan yang dikirim, apakah terkirim, tertunda, atau gagal. Agar dapat melibatkan banyak orang, maka Anda dapat menyediakan fitur group chat. Dengan adanya group chat, pengguna dapat mengobrol dengan banyak orang secara bersamaan.

Baca Juga: Tips Mengurangi Biaya Pengembangan Mobile App

4.Panggilan video dan suara

Fitur panggilan video dan suara dapat membuat aplikasi menjadi lebih interaktif. Karena aplikasi berjalan menggunakan koneksi internet, dengan fitur ini pengguna dapat melakukan panggilan secara gratis, bahkan ketika kontak yang dihubungi sedang berada di negara lain.

5. Pengiriman file media

Ada kalanya pengguna aplikasi harus mengirim file atau dokumen. Sebagai media komunikasi yang baik maka aplikasi juga harus menyediakan fitur tersebut. File media atau dokumen yang diterima pengguna sebaiknya dapat disimpan di dalam cloud sehingga pengguna dapat melihatnya kapan saja dari berbagai perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Gratis Menjadi Profitable ?

Logique Digital Indonesia

Jika saat ini Anda berencana untuk membangun aplikasi seluler, Anda dapat mempercayakannya pada Logique Digital Indonesia. Logique merupakan konsultan IT profesional di Indonesia dengan berbagai jasa untuk mengoptimalkan performa bisnis Anda melalui teknologi digital. Kami menyediakan jasa pengembangan aplikasi, pembuatan website, digital marketing, optimasi SEO, dan lain-lain. Silakan klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts