SEO Copywriting: 4 Aturan Penting untuk Pembuatan Konten Web

Untuk memaksimalkan konten web agar disukai oleh pembaca dan mesin pencari, seorang content writer harus memperhatikan SEO copywriting ketika membuat sebuah artikel. Dengan SEO copywriting, konten tidak hanya menarik untuk dibaca namun juga mudah ditemukan di mesin pencari sehingga berpengaruh pada peningkatan traffic website. Berikut kami sediakan beberapa aturan penting dalam SEO copywriting.

4 Aturan Penting dalam SEO Copywriting

  1. Sesuaikan kata kunci

Kata kunci atau keyword menjadi salah satu faktor utama dalam SEO copywriting. Pada umumnya, user atau pembaca memasukkan kata kunci di mesin pencarian untuk beberapa tujuan, yaitu :

  • Informational: pencarian dilakukan untuk menjawab pertanyaan atau mempelajari sesuatu.
  • Navigational: pencarian dilakukan untuk menemukan situs web tertentu.
  • Commercial: pencarian dilakukan karena user ingin membeli atau menggunakan suatu produk/layanan.

Oleh karena itu, pikirkan baik-baik tentang apa yang dicari user kemudian gunakan kata kunci yang relevan. Sebagai contoh ketika Anda ingin membuat konten untuk mempromosikan motor second, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “jual motor second”. Namun jika Anda ingin membuat konten informasi seperti ulasan untuk motor Scoopy, Anda dapat menggunakan keyword “review scoopy 2019”. Cocokkan kata kunci dengan tema yang akan Anda bahas untuk menargetkan pembaca yang sesuai.

Baca Juga: 4 Prediksi Tren SEO 2020 yang Perlu Anda Ketahui

  1. Pikirkan judul atau headline yang menarik

Konten yang baik juga harus menyediakan judul menarik agar pembaca terdorong untuk mengunjungi website Anda. Meskipun konten yang Anda sediakan berkualitas, namun jika user tidak tertarik dengan judul yang disediakan maka user tidak akan membuka website Anda. Selain itu pastikan title juga mengandung kata kunci yang ditargetkan.

SEO Copywriting
Sumber: smartinsights.com
  1. Muncul di featured snippet

Seperti yang pernah dibahas oleh sparktoro.com, sebagian besar pencarian berbasis browser di Google menghasilkan zero clik. Dengan kata lain pengguna cenderung dapat menemukan jawaban yang mereka cari tanpa membuka hyperlink. Salah satu hal yang menyebabkan tren ini muncul adalah karena adanya featured snippet di dalam hasil pencarian.

Melihat hal ini terjadi, Anda harus menyesuaikan strategi SEO copywriting yang Anda lakukan. Meskipun user tidak mengklik web Anda, setidaknya hal ini juga dapat membantu meningkatkan brand image perusahaan Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan agar content dapat muncul di dalam featured snippet ? Berikut beberapa cara diantaranya :

  • Gunakan kata kunci berbentuk pertanyaan.
  • Sediakan jawaban dari pertanyaan yang dicari dalam bentuk list atau bulleted list.
  • Gunakan headers dalam pembuatan konten.
  1. Perhatikan meta description

Meta description yang Anda buat juga akan mempengaruhi keputusan pembaca apakah mereka akan membuka website Anda atau tidak. Google juga menggunakannya sebagai indikator untuk melihat relevansi konten yang Anda sediakan dengan kata kunci yang dicari oleh user. Oleh karena itu, pastikan meta description juga mengandung kata kunci. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa Google biasanya akan memotong deskripsi menjadi 155–160 karakter. Jadi, sebaiknya Anda mengisi meta description tidak lebih dari 160 karakter.

Baca Juga: Cara Menggunakan Meta Tags untuk Mengoptimalkan Website

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk bisnis Anda. Kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui teknologi digital. Kami juga memiliki layanan lain seperti optimasi SEO, pembuatan website, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami silakan hubungi kami atau klik jasa digital marketing Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts