4 Prediksi Tren SEO 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Agar website Anda tetap memiliki peringkat yang baik, ada baiknya jika Anda menambah informasi berkaitan dengan tren SEO 2020. Beberapa teknik SEO mungkin akan tetap sama setiap tahunnya, seperti penggunaan kata kunci, optimize untuk mobile users, dan lain-lain. Meskipun demikian, Google sebagai search engine terbesar saat ini tentu akan terus melakukan perubahan algoritma untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Beberapa pakar SEO telah memprediksikan apa yang akan menjadi tren SEO 2020, berikut kami rangkum informasinya untuk Anda.

Prediksi Tren SEO 2020

  1. Zero-click searches

Berkat fitur SERP seperti featured snippet atau pun Google local pack, di tahun 2020 pencarian banyak dilakukan secara zero-click searches. Fitur-fitur tersebut membuat pengguna tidak lagi perlu mengklik website untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang mereka cari di Google. Untuk menjaga traffic kunjungan dari user,  ada baiknya jika Anda memperhatikan click metric (CTR) ketika melakukan riset kata kunci yang akan digunakan di website Anda.

  1. Voice search

Dengan semakin populernya artificial intelligence dan chatbots, voice search juga akan menjadi tren terbaru dalam SEO 2020. Voice search adalah teknologi pengenalan suara yang memberikan pelanggan kemampuan untuk melakukan pencarian dengan suara mereka. Hasil pencarian yang dilakukan melalui voice search biasanya akan Google tampilkan di dalam featured snippet. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan konten website agar dapat ditampilkan dalam featured snippet.

Baca Juga: Tips Memilih Penyedia Jasa SEO Website yang Tepat Untuk Bisnis Anda

SEO 2020
Sumber: mangools.com
  1. User lebih mengandalkan featured snippet

Karena jawaban dari pencarian dapat ditemukan tanpa harus mengunjungi website atau zero-click search , maka Anda perlu lebih memperhatikan konten website agar bisa ditampilkan dalam featured snippet Google. Untuk meningkatkan peluang agar konten muncul dalam featured snippet, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Menggunakan long-tail keywords yang berbentuk kalimat tanya.
  • Konten website dapat menjawab pertanyaan atau pencarian user dengan jelas.
  • Konten berisi informasi dengan format berbentuk list.
  • Website mempunyai backlink berkualitas.
  1. Algoritma BERT

Beberapa waktu yang lalu, Google menginformasikan algoritma terbaru yang dikenal dengan istilah BERT. Di tahun 2020, diperkirakan bahwa algoritma ini juga akan memegang perang penting. BERT (Bidirectional Encoder Representations dari Transformers) merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat Google lebih memahami konteks pencarian yang dimaksud oleh user. Sistem ini dapat menelaah korelasi setiap kata kunci yang diketik oleh user.

Baca Juga: Mengenal BERT, Algoritma Pencarian Google Paling Baru

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia melayani jasa pembuatan konten berkualitas untuk website Anda. Kami juga dapat membantu memberikan layanan digital marketing serta optimasi SEO untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Dalam memberikan jasa SEO kami tidak hanya akan mengimplementasikan beberapa metode SEO, namun juga akan memperhatikan peningkatan dan perbaikan website itu sendiri. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan hubungi kami atau klik layanan optimasi SEO.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts