Social Media Reach VS Impressions. Mana yang Lebih Penting ?

https://www.pexels.com/photo/women-typing-on-the-notebook-6168/

Ketika Anda menjalankan pemasaran digital melalui social media, Anda akan melihat dua metrik penting yaitu social media reach dan impressions. Anda perlu menganalisis metrik ini untuk mengetahui seberapa besar engagement yang Anda bangun melalui social media.

Perbedaan Social Media Reach dan Impressions

Perlu Anda ketahui, social media reach dan impressions menunjukan dua metrik yang berbeda. Reach memperlihatkan jumlah akun yang telah melihat atau berinteraksi dengan konten yang Anda posting. Angka yang diperlihatkan dalam metrik ini menunjukkan jumlah total orang yang telah melihat tweet yang Anda buat, konten yang Anda posting di Instagram, atau konten di halaman Facebook Anda. Sebagai contoh, Anda mempunyai konten iklan yang telah ditampilkan sebanyak 50 kali di social media. Jika ada 20 orang mengklik konten tersebut, maka reach yang Anda peroleh adalah 20.

Sedangkan impressions mengacu pada berapa kali iklan atau konten Anda ditampilkan, tidak peduli apakah konten tersebut diklik atau tidak. Biasanya jumlah impressions akan jauh lebih tinggi daripada reach. Hal ini terjadi karena satu orang dapat menghasilkan lebih dari 1 impressions. Sebagai contoh, terdapat 5 orang yang melihat konten Anda, dan masing-masing dari orang tersebut melihat konten Anda sebagainya dua kali. Dari contoh tersebut, metrik yang akan dihasilkan adalah reach 5 dengan impressions 10.

social media reach
Sumber: pexels.com

Baca Juga: Tips Meningkatkan Engagement dengan Menganalisis Instagram Insights

Metrik mana yang lebih penting?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya impressions dan reach merupakan dua hal yang berbeda. Total impressions ditentukan oleh jumlah orang yang melihat konten Anda, sedangkan reach mengacu pada jumlah orang yang berinteraksi dengan konten Anda baik itu memberi like, komentar, atau membagikan kembali konten tersebut.

Sebenarnya impressions dan reach sama-sama berguna untuk bisnis Anda. Namun ketika menentukan metrik mana yang lebih penting, maka Anda harus melihat kembali tujuan dari pemasaran digital yang Anda lakukan.

Jika Anda ingin agar iklan dilihat oleh banyak orang, maka impressions merupakan metrik yang perlu Anda perhatikan. Namun jika tujuan dari pemasaran adalah untuk meningkatkan brand awareness dan engagement maka social media reach merupakan metrik yang harus Anda prioritaskan.

Baca Juga: 5 Tips Optimasi Instagram agar Bisnis Mudah Ditemukan Pelanggan 

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia memiliki tim digital marketing yang dapat membantu memasarkan produk Anda menggunakan media digital. Sampai saat ini, kami telah membantu banyak perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan hubungi kami atau klik layanan Digital Marketing Logique.

One thought on “Social Media Reach VS Impressions. Mana yang Lebih Penting ?

  1. Dear Logique,

    Perkenalkan sebelumnya, saya wini. Saya ingin bertanya, apakah ada cara mengukur keberhasilan aktifitas Online (Digital Marketing) terhadap Offline. Karena kan selama ini Digital marketing digunakan untuk promosi Online.

    Terima kasih banyak, semoga Logique dapat menjawab dan membalas kembali email saya.

    Regards
    Wini Widi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts