5 Rekomendasi Text Editor yang Dapat Digunakan oleh Programmer

Programmer membutuhkan editor text yang dapat berfungsi dengan baik untuk mempermudah tugas-tugasnya. Text editor adalah program yang dapat Anda gunakan untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa. Program ini digunakan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Dalam pengembangan perangkat lunak atau website, editor text biasanya diperlukan untuk menulis dan mengedit bahasa pemrograman dan markup.

Jika Anda adalah seorang programmer dan sedang mencari editor text, berikut beberapa rekomendasi yang dapat kami berikan.

1. Atom

Atom adalah open source text dan source code editor untuk macOS, Linux, dan Microsoft Windows dengan dukungan plug-in yang ditulis dalam Node.js dan tertanam dalam Git Control yang dikembangkan oleh GitHub. Tool ini merupakan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web dan gratis untuk digunakan. Seperti aplikasi desktop yang lain, text editor ini mempunyai menu dan dialog asli serta akses penuh ke sistem file.

2. Vim

Vim dapat dikonfigurasikan untuk membuat dan mengubah segala jenis teks secara lebih efisien. Editor ext ini sangat stabil dan terus dikembangkan agar memiliki performa yang baik. Beberapa fitur yang dimiliki seperti memiliki sistem plugin yang luas, mendukung ratusan bahasa pemrograman dan format file, dapat terintegrasi dengan berbagai tools, dan lain-lain.

Baca Juga: 3 Coding Tools yang Dapat Membantu Tugas Developer

3. Visual Studio Code / VS Code

Visual Studio Code adalah editor text yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS. Editor text ini memungkinkan Anda untuk mengedit kode dalam berbagai bahasa pemrograman. Selain itu VS Code juga memiliki beragam fitur yang dapat memudahkan tugas programmer seperti adanya fungsionalitas debugging dan intellisense.

text editor
Sumber: unsplash.com

4. Notepad++

Notepad++ adalah text editor dan source code editor gratis yang dapat berjalan di Microsoft Windows. Alat ini memungkinkan Anda untuk membuka beberapa tab sehingga Anda dapat bekerja dengan banyak file yang terbuka dalam satu jendela. Beberapa fitur yang disediakan Notepad++ seperti auto-save, syntax highlighting, line bookmarking, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan berbagai plugins untuk menambah fungsionalitas pada text editor ini.

Baca Juga: React Native VS Ionic. Framework Mana yang Lebih Baik ?

5. Sublime Text

Sublime text merupakan text editor lintas platform. Tools ini dapat digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman dan bahasa markup. Fungsionalitas Sublime Text juga dapat ditambah oleh pengguna melalui plugins.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai macam layanan terkait teknologi digital untuk mengoptimalkan bisnis Anda.  Kami menyediakan berbagai layanan terkait pembuatan website seperti web design & development, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan detail layanan kami.

Saat ini, kami juga sedang membuka lowongan untuk Web Developer berpengalaman dengan beberapa kriteria. Silahkan klik Lowongan Web Developer untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan.

One thought on “5 Rekomendasi Text Editor yang Dapat Digunakan oleh Programmer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts