3 Coding Tools yang Dapat Membantu Tugas Developer

Saat ini terdapat beragam coding tools yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Beberapa diantaranya memang sangat berguna, namun tidak jarang Anda akan menemukan coding tools yang justru dapat menghambat pekerjaan Anda. Jika Anda adalah seorang developer pemula, atau belum tahu coding tools yang bekerja efektif untuk mempermudah tugas Anda, berikut kami sediakan 3 rekomendasi coding tools yang dapat Anda gunakan.

  1. Text editor

Sebagai developer, menemukan coding tools yang dapat berfungsi dengan baik merupakan suatu keharusan. Pada dasarnya text editor adalah program di komputer yang memungkinkan Anda untuk membuat atau mengedit berbagai  file bahasa pemrograman. Dengan kata lain, alat ini digunakan untuk membuat kode yang akan Anda tulis.

Beberapa rekomendasi text editor yang dapat Anda gunakan seperti :

  • Notepad++ : merupakan text editor open source untuk Windows yang dapat digunakan untuk mendukung beberapa bahasa pengkodean. Notepad++ memiliki banyak fitur bermanfaat seperti plugin FTP bawaan yang memungkinkan Anda untuk membuka dan mengedit file langsung di web server Anda.
  • Sublime text: text editor lintas platform yang dapat digunakan untuk Mac, Windows, dan Linux. Sublime text mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup. Fungsi yang disediakan juga dapat ditambah oleh pengguna melalui plugin.
  • Atom: tools ini dikembangkan oleh GitHub untuk Mac, Linux, dan Microsoft Windows. Atom adalah aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web.
coding tools
Sumber: notepad-plus-plus.org

Baca Juga: 6 Skill yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Front End Developer

  1. Chrome extensions

Google Chrome merupakan web browser terbesar saat ini dan sudah ada banyak chrome extensions yang tersedia bagi developer yang bekerja menggunakan Chrome. Chrome extensions adalah program yang dapat dipasang di Chrome untuk mengubah fungsionalitas browser. Anda dapat menambahkan fitur baru ke Chrome, memodifikasi behaviour dari program, serta membuat lebih nyaman bagi penggunanya. Beberapa tools yang dapat Anda gunakan adalah :

  • Web developer merupakan ekstensi yang dapat digunakan oleh programmer dan desainer. Alat ini dapat menambahkan toolbar di dalam browser. Web developer memungkinkan developer untuk dapat menulis atau mengedit HTML dan CSS, disable dan enable cookies, menampilkan atribut gambar penting dan lain-lain.
  • Window Resizer for Developer memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran browser Anda ke berbagai ukuran. Tools ini sangat berguna ketika Anda mengembangkan website dengan desain responsif.
  • Lorem Ipsum generator memungkinkan Anda untuk menambahkan teks tiruan ke situs web dengan cepat dan mudah.
  1. Database management systems

Database Management System (DBMS) adalah kumpulan program yang memungkinkan developer untuk bisa mengakses, memanipulasi, mengelola, dan merepresentasikan database. Alat ini memungkinkan Anda untuk bisa mengelola database dengan lebih mudah. Salah satu DBMS populer yang paling sering digunakan adalah MySQL. MySQL tidak membutuhkan RAM besar, mendukung multi user, serta menyediakan sistem keamanan yang baik.

Baca Juga: React Native VS Ionic. Framework Mana yang Lebih Baik ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia dengan tim developer berpengalaman menawarkan beragam layanan untuk Anda. Kami memiliki jasa pembuatan web, pengembangan sistem web, digital marketing, serta layanan penetration testing untuk keamanan sistem web Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi secara lebih detail.

Saat ini, kami juga sedang membuka lowongan untuk Web Developer berpengalaman dengan beberapa kriteria. Silahkan klik Lowongan Web Developer untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts