Sebagai pemilik bisnis yang memasarkan produknya melalui sosial media, Anda perlu melakukan optimasi instagram untuk mendapat lebih banyak keuntungan. Seperti yang Anda ketahui, Instagram (IG) merupakan media sosial yang digunakan untuk berbagi gambar dan video. Meskipun demikian saat ini sudah banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan media sosial ini untuk menjual layanannya.
Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial populer yang digunakan oleh banyak orang. Dengan optimasi instagram, pemasaran yang Anda lakukan dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Berikut beberapa tips optimasi instagram yang dapat Anda lakukan.
-
Table of Contents
Optimalkan profil instagram Anda
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran adalah dengan mengoptimalkan profil Instagram Anda. Mengarahkan lebih banyak traffic ke akun IG tidak dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang jika profil IG tidak dioptimalkan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:
- Jadikan account privacy menjadi public
- Gunakan profil picture yang menarik dan mampu mewakili bisnis Anda
- Gunakan username yang mudah diingat dan mudah dicari
- Register sebagai akun bisnis
Baca Juga: 4 Jenis Iklan di Instagram Ads untuk Meningkatkan Keuntungan
-
Gunakan user name yang mengandung kata kunci utama
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, optimasi instagram dapat dilakukan dengan membuat user name yang mudah untuk dicari. Anda dapat memasukkan kata kunci utama ke dalam user name yang Anda gunakan. Sebagai contoh, jika usaha Anda menjual produk utama berupa kopi, maka gunakan kata kunci “kopi” di dalam username Anda. Ketika pengguna mencari toko yang menjual kopi di Instagram, maka bisnis Anda juga akan ditampilkan di dalam hasil pencarian.
-
Masukkan kata kunci di nama dan bio profil Anda
Buatlah nama dan bio yang menarik dan informatif dengan memasukkan beberapa kata kunci di dalamnya. Hal ini akan membantu usaha Anda agar lebih mudah ditemukan di dalam hasil pencarian. Anda juga bisa menggunakan kata kunci sekunder di dalam bio. Sebagai contoh, selain kopi mungkin Anda juga menjual jenis minuman lain seperti teh atau snack cookies. Di dalam bio inilah, Anda dapat memasukkan kata kunci “teh” dan “cookies”. Dengan demikian, pengguna yang mencari teh dan cookies juga tetap dapat menemukan bisnis Anda.
-
Gunakan hashtag sebagai kata kunci
Setelah selesai melakukan optimasi Instagram dengan mengoptimalkan profil Anda, sekarang saatnya melakukan optimasi melalui konten yang Anda posting. Pengguna biasanya juga akan mencari suatu layanan melalui hashtag. Oleh karena itu, pastikan setiap konten yang Anda posting mengandung hashtag di dalamnya. Agar lebih mudah ditemukan, buatlah hashtag berupa kata kunci populer yang relevan dengan jenis usaha Anda.
Baca Juga: Panduan Menggunakan Hashtag Instagram untuk Menjangkau Audiens
-
Manfaatkan teks alt Instagram
Saat ini, Instagram memiliki fitur yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan alt text pada gambar. Alt text dapat membantu mendeskripsikan dengan tepat konten apa yang sedang Anda posting sehingga memudahkan algoritma Instagram untuk memahaminya dengan baik. Dengan alt text, konten akan lebih mudah ditemukan, tidak hanya di Instagram tapi juga di Google.
Layanan Logique Digital Indonesia
Logique Digital Indonesia memiliki tim digital marketing yang dapat membantu memasarkan produk Anda menggunakan media digital. Sampai saat ini, kami telah membantu banyak perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan hubungi kami atau klik layanan Digital Marketing Logique.