Apa itu Ethical Hacker? Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

Peran ethical hacker semakin dibutuhkan seiring dengan semakin maraknya serangan cyber yang terjadi. Saat ini, Anda akan melihat banyak ethical hacker bersertifikat yang bekerja untuk berbagai industri seperti kesehatan, keuangan, otomotif, bahkan untuk instansi pemerintahan

Meskipun hacker sering dikaitkan dengan penjahat cyber, namun mereka berbeda dengan jenis peretas yang lain. Ethical hacker justru hadir untuk melindungi sistem website atau aplikasi yang digunakan oleh suatu perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari sejumlah kerugian yang dapat ditimbulkan dari serangan hacker. Lalu apa itu ethical hacker? Berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Pengertian Ethical Hacker

Ethical hacker atau juga dikenal dengan istilah white hat hacker adalah pakar IT security yang secara sistematis berusaha menembus sistem website, aplikasi, atau jaringan untuk menemukan kerentanan keamanan yang berpotensi dieksploitasi oleh peretas jahat. Ethical hacking dilakukan seijin pemilik sistem dengan tujuan untuk mengevaluasi keamanan dan mengidentifikasi kerentanan pada suatu sistem. Jika kerentanan ditemukan, mereka akan membuat dokumentasi dan memberikan sejumlah saran untuk memperkuat sistem keamanan perusahaan.

Baca Juga: 7 Jenis Peretas di Dunia yang Harus Anda Ketahui

ETHICAL HACKER
Sumber: pixabay.com

Mengapa banyak perusahaan membutuhkannya ?

Mereka dapat melindungi sistem perusahaan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Menemukan kerentanan atau celah keamanan

Mereka dapat melakukan sejumlah pengujian (penetration testing) untuk mencari celah keamanan yang dapat diretas oleh penjahat cyber. Mereka kemudian akan melaporkan hasil pengujian tersebut dan menginformasikan area mana saja yang rentan untuk diserang. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat segera melakukan perbaikan atau penambalan untuk mendapatkan sistem keamanan yang lebih baik.

  1. Security awareness yang lebih baik

Selain karena sistem keamanan yang lemah, serangan cyber crime juga terjadi karena kurangnya security awareness penggunanya. Sebagai pakar di bidang IT security, ethical hacker mengetahui berbagai metode yang sering digunakan oleh hacker untuk meretas sebuah sistem. Mereka juga mengetahui tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai serangan tersebut. Perusahaan dengan security awareness yang baik tentu memiliki peluang lebih kecil untuk bisa diretas oleh hacker.

  1. Membantu mempersiapkan keamanan sistem jika terjadi serangan cyber

Seperti yang sudah banyak diketahui, serangan cyber dapat menimbulkan sejumlah kerugian mulai dari bocornya data-data sensitif perusahaan sampai hilangnya kepercayaan pelanggan. Meskipun demikian, sebagian besar perusahaan masih belum mengetahui bagaimana cara menghadapi serangan cyber. Oleh karena itu, peran ethical hacker sangat diperlukan. Mereka merupakan profesional IT security yang akan membantu mempersiapkan sistem keamanan yang baik untuk mencegah serangan hacker yang terus berkembang.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Untuk meningkatkan sistem keamanan website dan aplikasi perusahaan, Logique Digital Indonesia menawarkan jasa penetration testing. Kami memiliki tim IT security yang dapat membantu memastikan bahwa website dan aplikasi Anda tidak memiliki celah keamanan yang dapat diretas oleh hacker. Silakan hubungi kami untuk mendapat sistem keamanan website yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts