Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih atau Membangun HR Software

Saat ini terdapat beragam pilihan HR software yang dapat digunakan untuk mempermudah tugas tim HR. Software ini dapat membantu mempersingkat proses rekrutmen, mengevaluasi kinerja karyawan, dan lain-lain.

Tidak dipungkiri kehadiran teknologi memang membawa dampak positif untuk kehidupan kita. Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati ketika menggunakannya. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah fitur-fitur yang disediakan aman dan dapat diandalkan. Jangan sampai HR software yang harusnya membantu justru membawa dampak buruk untuk perusahaan Anda. Oleh karenanya, berikut kami sediakan beberapa hal yang harus Anda pastikan sebelum memilih atau membangun HR software untuk perusahaan.

  1. Apakah HR software aman digunakan ?

Ketika menggunakan sebuah software, biasanya tim HR akan menyimpan berbagai data pribadi karyawannya seperti tanggal lahir, alamat, nomor pajak, nomor rekening dan lain-lain. Perlu Anda ketahui, serangan cyber semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke arah digital. Banyak serangan hacker yang berusaha meretas data sensitif di dalam perusahaan. Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa HR software yang digunakan memiliki sistem keamanan yang baik.

HR SOFTWARE
Sumber: pexels.com

Baca Juga: 3 Software untuk Mempermudah Proses Perekrutan Karyawan

  1. Apakah mudah diakses?

Jika Anda membutuhkan software yang mudah diakses oleh karyawan, tim HR, atau manager, maka Anda dapat mencari software berbasis cloud. Sistem berbasis cloud memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses sistem tanpa harus menghubungi pihak administrator. Selain itu, jika Anda memiliki karyawan remote, Anda juga harus memastikan apakah HR software yang akan digunakan dapat diakses dengan oleh para pekerja remote.

  1. Apakah fleksibel dan dapat dikembangkan?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan, peraturan, serta alur kerja masing-masing. Terkadang sistem berbasis “one system fits all” tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang berbeda-beda. Oleh karenanya HR software yang akan Anda pilih sebaiknya memiliki kemampuan untuk dapat disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan. Software juga harus memiliki kemampuan untuk bisa dikembangkan ketika perusahaan tumbuh dan memiliki jumlah karyawan yang semakin besar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Artificial Intelligence Mengubah Talent Management ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan tools untuk memudahkan staff HRD dalam mengerjakan tugas mereka. Beberapa teknologi HR yang kami miliki adalah :

  • Dokodemo-Kerja : sistem aplikasi untuk memantau produktivitas karyawan. Tools ini banyak dimanfaatkan untuk memantau kinerja pekerja remote.
  • Sugoi Saiyo : tools untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan.
  • Nippo : sistem laporan harian untuk karyawan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknologi dalam mengelola manajemen karyawan, silakan hubungi kami. Tim Logique akan selalu siap untuk membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts