Apa Itu Zero Day Attack ? Bagaimana Cara Menghindarinya ?

Sebagian besar orang mungkin sudah pernah mendengar istilah zero day attack, dan khawatir jika serangan ini akan menyerang perusahaannya. Dalam dunia cyber, kerentanan atau kelemahan sistem merupakan suatu hal yang segera diatasi. Secara reguler, Anda perlu memastikan bahwa sistem keamanan Anda dalam kondisi yang baik. Kerentanan atau kelemahan sistem yang tidak segera diatasi biasanya akan menjadi target berbagai serangan hacker, salah satunya adalah zero day attack ini.

Apa itu zero day attack ?

Zero day attack merupakan serangan cyber yang terjadi pada hari yang sama saat kelemahan atau kerentanan ditemukan di dalam sistem perangkat lunak. Hacker yang mengetahuinya kemudian akan mengeksploitasi kerentanan sebelum diperbaiki oleh pihak pengembang.

Biasanya, ketika pengguna menemukan kerentanan pada suatu sistem, mereka dapat melaporkannya pada pihak pengembang untuk dapat segera diperbaiki. Pengguna juga dapat menginformasikan temuan ini ke media internet untuk memperingatkan pengguna yang lain. Pihak pengembang yang mengetahui hal tersebut, seharusnya segera melakukan perbaikan, namun terkadang hacker mengetahuinya terlebih dahulu dan melakukan eksploitasi pada kerentanan yang ditemukan. Bahkan untuk beberapa kasus, pihak pengembang belum mengetahui bahwa sistem mereka bermasalah.

zero day
Sumber : unsplash.com

Bagaimana cara menghindari zero day attack?

Zero day attack sebenarnya sulit untuk dideteksi karena perusahaan atau pihak pengembang berhadapan dengan malware yang belum pernah diidentifikasi. Untuk menghindarinya berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Penetration testing

Sebelum kelemahan dan kerentanan ditemukan oleh hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya Anda rutin melakukan penetration testing. Jasa penetration testing akan melakukan sejumlah pengujian untuk mencari kelemahan dalam sistem sehingga perbaikan dapat segera dilakukan oleh pihak pengembang.

Baca Juga: Pentingnya Penetration Testing bagi Sebuah Perusahaan

  1. Gunakan Web Application Firewall

Web Application Firewall (WAF) dapat melindungi Anda dari berbagai serangan. WAF akan melindungi sistem Anda untuk setiap aktivitas mencurigakan selama 24 jam non stop. Setiap lalu lintas akan diperiksa, dan WAF akan menolak akses ketika menemukan lalu lintas yang memiliki indikasi sebagai ancaman untuk keamanan website.

Baca Juga: Apa Itu Web Application Firewall? Mengapa Anda Membutuhkannya ?

  1. Gunakan Aplikasi Keamanan

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan aplikasi keamanan yang memiliki fitur atau kemampuan berikut :

  • Perlindungan antimalware, aplikasi keamanan harus memiliki fitur untuk mendeteksi dan menghapus ancaman malware seperti virus, trojans, worm, spyware, adware, ransomware, dan lain-lain.
  • Vulnerability scanning, aplikasi memiliki kemampuan untuk mencari kerentanan atau kelemahan dalam suatu sistem.

Layanan Logique Digital Indonesia

Untuk meningkatkan sistem keamanan website dan aplikasi perusahaan, Logique Digital Indonesia menawarkan jasa penetration testing. Kami memiliki tim pen test yang dapat membantu memastikan bahwa website dan aplikasi Anda tidak memiliki celah keamanan yang dapat diretas oleh hacker. Silakan hubungi kami untuk mendapat sistem keamanan website yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts