Apa Saja Tugas dari Seorang Business Analyst di Perusahaan IT?

Sesuai dengan namanya, tugas business analyst tidak jauh dari hal-hal yang berhubungan dengan analisis di sebuah perusahaan. Kehadirannya dapat membantu suatu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Tugas profesi ini berhubungan dengan kemampuan di bidang Information Technology ( IT ), meskipun demikian profesi ini tidak hanya dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi saja. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri lain seperti keuangan, asuransi, telekomunikasi atau pemasaran yang juga membutuhkan peran dari seorang business analyst.

Apa itu Business Analyst?

Secara garis besar, business analyst merupakan serangkaian tugas yang dilakukan oleh seseorang untuk mengidentifikasi kebutuhan perusahaan serta menentukan solusi untuk masalah bisnis yang ditemukan. Profesi ini akan melihat bagaimana perusahaan beroperasi dan melakukan analisa sebelum memberikan solusi. Hal ini biasanya dilakukan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis atau menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Pekerjaan ini erat kaitannya dengan bidang IT. Mereka menjadi penghubung antara stakeholder dengan tim IT. Selain itu, mereka juga harus dapat melihat dan menentukan apa yang menjadi penyebab mendasar dari kegagalan sistem. Mereka tidak akan membuat kode untuk memperbaiki masalah yang ditemukan. Mereka akan membuat laporan atau konsep yang dapat dimengerti oleh programmer untuk menyelesaikan masalah tersebut. Oleh karena itu, profesi sebaiknya juga mempunyai pengetahuan atau latar belakang di bidang IT.

business analyst
Sumber : pixabay.com

Baca Juga: Product Manager VS Project Manager : Apa perbedaanya ?

Tugas Business Analyst

Tugas profesi ini mungkin akan berbeda sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan. Namun secara garis besar, berikut beberapa tugas mereka di perusahaan IT :

  • Membuat analisis bisnis secara terperinci, menguraikan masalah, dan menyediakan solusi untuk mengembangkan bisnis.
  • Memahami kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis.
  • Memberikan saran strategis mengenai penggunaan teknologi untuk mencapai tujuan.
  • Berkolaborasi dengan tim developer.
  • Mendesain sistem dan IT network, serta memastikan arsitektur dan fungsionalitas yang tepat.
  • Mendukung implementasi teknologi baru.
  • Memberikan bantuan untuk masalah teknis.
  • Menganalisis dan merevisi sistem yang ada serta menyarankan perbaikan.
  • Menyajikan laporan yang tepat dan terstruktur.

Baca Juga: Perbedaan antara UI Designer, UX Designer, dan Product Designer

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan berbagai layanan, mulai dari jasa pembuatan website, web design, digital marketing, dan lain-lain. Saat ini, Logique sedang membuka lowongan untuk mengisi posisi Business Analyst. Jika Anda tertarik di dunia teknologi serta memiliki pengalaman sebagai IT consultant, Anda dapat bergabung bersama Logique. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik Info Lowongan Business Analyst.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts