3 Jenis Domain yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda sedang berencana untuk membuat website, maka salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan nama domain. Saat ini terdapat beberapa jenis domain yang dapat Anda gunakan, meskipun demikian tidak semua jenis domain bisa sesuai dengan situs web Anda. Sebelum Anda mendaftarkan nama domain untuk situs website, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa jenis domain yang saat ini tersedia.

  1. Top Level Domains

Jenis domain yang pertama adalah Top Level Domain. Sesuai dengan namanya, TLD merupakan jenis domain yang berada di tingkat atas untuk sistem nama domain di internet. TLD, juga dikenal sebagai ekstensi domain yaitu akhiran yang terdapat dalam nama domain.

TLD membantu mengklasifikasikan situs website sehingga users dapat mengenali situs website bahkan sebelum mereka mengunjungi web tersebut. Dengan melihat TLD, users dapat memperkirakan apakah website tersebut digunakan oleh pemerintah, organisasi, atau suatu perusahaan.

Beberapa contoh Top Level Domain seperti:

  • .com : merupakan singkatan dari commercial. Domain ini pada awalnya digunakan untuk website dengan tujuan komersial, namun saat ini sudah banyak pemilik web menggunakan .com karena mudah diingat dan cukup populer.
  • .org : digunakan untuk website organisasi no profit
  • .edu : domain untuk web institusi pendidikan
jenis domain
Sumber : pixabay.com
  1. Second Level Domains

Second Level Domains adalah nama domain yang Anda daftarkan.  Sebagai contoh, nike.com, di sini “nike” berperan sebagai second level domains. Anda dapat menggunakan nama merek, nama perusahaan, atau nama proyek untuk digunakan sebagai second level domains.

Baca Juga: Sedang Mencari Web Hosting Terbaik? Simak 3 Tips Berikut Ini

  1. Third Level Domain

Third Level Domain adalah bagian dari nama domain website yang terkait dengan SLD (Second Level Domains). Domain ini biasanya ditemukan di sebelah kiri SLD dan sering disebut sebagai subdomain.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat Third Level Domain untuk blog perusahaan, maka nama domain Anda akan terlihat seperti “blog.contohwebsite.com”. Dalam domain tersebut, kata “blog” berperan sebagai Third Level Domain. Third Level Domain biasanya digunakan untuk merujuk ke server tertentu dalam suatu perusahaan.

Baca Juga: Tips Memilih Skema Warna yang Baik untuk Website Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai macam layanan terkait teknologi digital untuk mengoptimalkan bisnis Anda.  Kami menyediakan jasa pembuatan website,  web design, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan detail layanan kami.

Logique saat ini juga sedang membuka lowongan Web Developer. Jika Anda memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola website, Anda dapat mengirim lamaran kepada staff HR kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan ini, silakan klik info lowongan Web Developer Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts