3 Jenis Iklan di Youtube ( Youtube Ads) yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memanfaatkan Youtube Ads untuk memasarkan produk. Seperti yang Anda ketahui, pengguna Youtube saat ini sudah semakin bertambah. Setiap bulan, ada lebih dari 1.9 miliar pengguna yang login dan mengunjungi Youtube. Jika dimanfaatkan dengan benar, Youtube Ads tentu dapat menjadi media yang sangat berguna untuk menjangkau lebih banyak target audiens Anda. Namun sebelum Anda berinvestasi untuk menggunakan Youtube Ads, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis iklan yang disediakan di dalamnya. Berikut 5 jenis Youtube Ads.

  1. TrueView

Iklan TrueView merupakan jenis iklan video standar yang disediakan Youtube. Iklan ini dapat dilewati oleh penonton setelah lewat dari 5 detik. TrueView bisa menjadi opsi terbaik jika Anda ingin mencoba beriklan di Youtube Ads. Pengiklan hanya membayar iklan TrueView ini jika viewer menonton iklan setidaknya selama 30 detik atau berinteraksi dengan iklan yang ditayangkan, seperti mengklik Call To Action pada Youtube Ads. Selain itu, karena orang dapat melewati iklan ini setelah lima detik, Anda akan jarang menghabiskan banyak uang untuk viewer yang tidak tertarik dengan jenis produk yang Anda jual.

Terdapat dua tipe iklan TrueView yaitu:

  • Video discovery ads : iklan akan muncul di beranda Youtube, di sidebar video terkait, dan di halaman pencarian.
  • In-Stream Ads : iklan akan ditampilkan sebelum video Youtube. Jika video memiliki durasi lebih dari 20 detik, viewer memiliki opsi untuk melewati iklan Anda.
youtube ads
Sumber : blog.hubspot.com
  1. Pre-roll Ads

Pre-roll Ads merupakan jenis iklan yang tidak dapat di-skip. Iklan akan ditayangkan di awal, di tengah, atau di akhir video Youtube. Iklan ini memiliki batas durasi selama 15 sampai 20 detik. Karena jenis iklan ini tidak bisa di-skip, sebaiknya Anda menyertakan Call To Action karena target audiens Anda akan melihat iklan sampai selesai. Sebelumnya, jenis iklan yang tidak bisa di-skip memiliki durasi selama 30 detik, namun Youtube mempersingkat durasi untuk meningkatkan pengalaman menonton bagi penggunanya. Jika Anda memilih untuk menggunakan jenis iklan yang tidak dapat di-skip ini, Anda akan dikenai biaya dengan dasar CPM atau Cost Per Mille.

  1. Bumper

Iklan bumper merupakan jenis Youtube Ads paling singkat. Iklan ini hanya memliki durasi selama 6 detik dan tidak bisa di-skip oleh viewer. Perlu Anda ketahui, pada umumnya viewer akan kehilangan minat untuk melihat iklan dalam beberapa detik sehingga penting bagi Anda untuk membuat iklan sesingkat mungkin. Oleh karena itu, meskipun iklan ini memiliki durasi yang sangat singkat, namun jika konten iklan dibuat dengan narasi dan tampilan visual yang informatif dan menarik, iklan bumper dapat bekerja secara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Pembayaran iklan bumper juga menggunakan dasar CPM atau Cost Per Mille.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia memiliki tim digital marketing yang dapat membantu memasarkan produk Anda menggunakan media digital. Sampai saat ini, kami telah membantu banyak perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan hubungi kami atau klik layanan Digital Marketing Logique.

Logique saat ini juga sedang membuka lowongan untuk posisi Senior Digital Marketing Strategist. Jika Anda memiliki pengalaman di dunia digital marketing, mampu menganalisa dan mengoptimasi  web performane,  serta terbiasa menggunakan digital marketing tools, Anda sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan.  Untuk informasi lebih lanjut silakan klik Lowongan Senior Digital Marketing Strategist.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts