Pengertian Laravel serta Fitur-fitur Utama di Dalamnya

Sebelum Anda mengetahui pengertian Laravel, ada baiknya jika Anda sedikit mengetahui tentang bahasa pemrograman PHP. PHP adalah salah satu bahasa permograman yang paling banyak digunakan. Dengan  semakin populernya bahasa ini, maka banyak framework PHP yang muncul, salah satunya adalah Laravel.

Laravel ini menyediakan berbagai fitur unik yang menjadikan Laravel menjadi framework PHP dengan performa yang hebat. Tidak heran jika banyak pengembang website yang mengandalkan Laravel untuk meningkatkan produktivitas serta memudahkan tugas-tugas mereka. Jika Anda adalah pengembang website dan belum pernah menggunakan Laravel, mungkin sudah saatnya Anda mulai mempelajarinya. Berikut pengertian Laravel dan fitur-fiturnya.

Pengertian Laravel

Laravel adalah salah satu framework PHP yang dirancang untuk membangun situs website mulai dari proyek kecil hingga besar. Laravel mudah dipahami karena mengikuti pola MVC (Model View Controller). Framework PHP ini menjadi pilihan yang dapat diandalkan karena memiliki kinerja, fitur serta skalabilitas yang baik.

Laravel pertama kali diciptakan oleh Taylor Otweel di tahun 2011. Sampai saat ini, Laravel sudah mengalami banyak pengembangan sehingga kompatibel dengan teknologi website terbaru. Setelah Anda mengetahui apa pengertian laravel, berikut fitur-fitur di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menguasai Laravel

pengertian laravel
Sumber : github.com
  1. Inbuilt Libraries

Laravel menyediakan sejumlah library yang sudah terinstal di dalamnya. Library bawaan ini membuat Laravel menjadi populer, karena sebagian besar framework tidak menyediakan fungsi tersebut. Otentikasi merupakan salah satu library yang disediakan oleh Laravel. Otentikasi dapat diimplementasikan di Laravel menggunakan CLI dan di dalamnya terdapat semua fitur utama seperti memvalidasi pengguna, reset kata sandi, perlindungan CSRF (Cross Site Request Forgery) dan lain-lain.

  1. Eloquent ORM (Object Relational Mapping)

Laravel menawarkan fitur Eloquent ORM yang banyak disukai ketika Anda harus bekerja dengan database. Eloquent laravel dapat membantu Anda untuk memetakan sebuah object dengan database. Laravel juga menyediakan dokumentasi komprehensif untuk semua fungsi Eloquent.

  1. Keamanan

Saat mengembangkan web aplikasi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah keamanannya. Laravel menyediakan fitur untuk menanganinya dengan baik. Laravel menggunakan Bcrypt Password Hashing untuk menghasilkan dan mengimplementasikan kata sandi terenkripsi. Selain itu, Laravel juga menggunakan SQL statements untuk menghindari SQL injection.

  1. Artisan

Laravel menyediakan Command Line Interface (CLI) bawaan yang dikenal sebagai Artisan. Pada dasarnya, CLI Laravel dapat digunakan untuk melakukan tugas pemrograman monoton yang membutuhkan banyak waktu saat mengimplementasikannya secara manual.

Baca Juga: 5 Manfaat Framework Laravel yang Harus Anda Ketahui

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai macam layanan terkait teknologi digital untuk mengoptimalkan bisnis Anda.  Kami menyediakan berbagai layanan terkait pembuatan website seperti web design & development, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan detail layanan kami.

Logique saat ini juga sedang membuka lowongan Web Developer. Jika Anda memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola aplikasi web, serta mampu menggunakan Framework PHP seperti Laravel, Cake PHP atau sejenisnya, Anda sesuai dengan kriteria yang kami cari. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan ini, silakan klik info lowongan Web Developer Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts