Bagaimana Cara Artificial Intelligence Mengubah Talent Management ?

Dalam beberapa tahun terakhir, Artificial Intelligence (AI) telah membawa banyak perubahan dalam talent management. Talent management merupakan proses sistematis untuk mengidentifikasi posisi yang kosong atau dibutuhkan, merekrut orang yang cocok, serta mengembangkan keterampilan dan keahlian kandidat tersebut. Dampak dari AI memang tidak terlihat secara instant, namun Anda tetap dapat merasakan keuntungan dengan menggunakan teknologi ini. Berikut beberapa dampak positif atau keuntungan yang dapat tim HR rasakan dengan mengimplementasikan teknologi AI.

  1. Meningkatkan pengalaman kandidat

Salah satu dampak yang dapat dirasakan tim HR dalam talent management adalah kemudahan dalam proses rekrutmen. Hal ini juga menjadi keuntungan yang dapat dirasakan oleh kandidat atau pelamar. Virtual rekrutmen bot yang didukung dengan teknologi AI dapat melakukan penyaringan  kandidat dengan volume yang tinggi. Bot dapat membantu tim HR untuk memilih kandidat yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. Teknologi ini juga memiliki kemampuan untuk membantu menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh kandidat. Dengan kecerdasan teknologi AI, proses rekrutmen dapat berjalan dengan lebih cepat.

Baca Juga: Keuntungan Sistem Kerja Remote untuk Perusahaan 

talent management
Sumber : pixabay.com
  1. Analisis karyawan

Sebuah perusahaan tentu memiliki banyak data karyawan yang harus dikumpulkan. AI dapat memainkan peran besar dalam talent management dengan kemampuannya untuk melacak, menganalisis, dan mengelola karyawan. Kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan tim HR sebagai salah satu referensi dalam membuat keputusan. Hasil analisis karyawan juga dapat menjadi salah satu sumber wawasan yang dapat ditindaklanjuti dalam merancang strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan.

  1. Mengotomatiskan tugas berulang

AI menawarkan kemampuan untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang dilakukan secara berulang. Hal ini dapat membantu tim HR untuk menghemat lebih banyak waktu dan  fokus untuk mengerjakan tugas yang lain. Perlu Anda ketahui, menyaring resume secara manual masih menjadi bagian yang paling menyita banyak waktu tim HR. Namun dengan memanfaatkan teknologi, tugas yang dilakukan secara berulang seperti scanning resume atau menjadwalkan interview dapat dilakukan secara otomatis.

Baca Juga: 3 Software Untuk Memonitor Produktivitas Karyawan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan tools untuk memudahkan staff HRD dalam mengerjakan tugas mereka. Beberapa teknologi HR yang kami miliki adalah :

  • Dokodemo-Kerja : sistem aplikasi untuk memantau produktivitas karyawan. Tools ini banyak dimanfaatkan untuk memantau kinerja pekerja remote.
  • Sugoi Saiyo : tools untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan.
  • Nippo : sistem laporan harian untuk karyawan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknologi dalam mengelola manajemen karyawan, silakan hubungi kami. Tim Logique akan selalu siap untuk membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts