Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking?

https://pixabay.com/id/photos/mesin-pencari-internet-tablet-1433323/

Google ranking menjadi salah satu topik menarik di dunia pemasaran atau digital marketing. Banyak bisnis yang melakukan berbagai cara agar website mereka mendapat Google ranking yang baik. Ranking yang tinggi tentu akan membawa dampak positif bagi pemilik website, seperti peningkatan traffic web sampai peningkatan penjualan atau keuntungan.

Seperti yang kita ketahui, Google merupakan search engine terpopuler saat ini. Mereka menggunakan sekitar 200 sinyal ketika mengindeks halaman web untuk ditampilkan sebagai hasil pencarian organik. Berikut telah kami rangkum beberapa faktor atau sinyal yang mempengaruhi Google ranking tersebut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

  1. Keamanan situs web atau domain

Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat diprioritaskan oleh Google. Untuk mengamankan domain website, Anda perlu mengaktifkan SSL. Perhatikan apakah website Anda sudah menggunakan HTTPS atau belum. Dengan menggunakan HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure, komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi sehingga data yang dikirim akan lebih aman.

  1. Cakupan topik dalam website

Semakin banyak konten yang Anda publish untuk topik tertentu, maka semakin tinggi topik tersebut akan diperingkat dalam SERP oleh Google. Sebagai contoh, Anda memiliki 30 artikel yang mengulas berbagai masakan Indonesia, maka Google akan menilai bahwa website Anda memiliki otoritas pada bidang industri makanan nusantara. Selain itu, website yang memiliki penjelasan mendalam mengenai suatu topik akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapat peringkat yang baik.

  1. Meta Tags

Meta tags akan membantu Google dalam mengidentifikasi dan memahami konten website Anda. Terdapat beberapa jenis meta tags yang harus Anda isi, yaitu :

  • Title Tag:

Merupakan elemen HTML untuk menunjukkan halaman artikel atau website. Title tag akan muncul sebagai judul berwarna biru yang dapat diklik oleh user di SERP.

  • Image Alt Text:

Image alt text membantu Google untuk memahami gambar apa yang sedang Anda gunakan.

  • Meta Description:

Merupakan string teks singkat yang muncul di bawah title tag. Meta description yang ditulis dengan baik dapat menarik lebih banyak user untuk mengunjungi website Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Meta Tags untuk Mengoptimalkan Website

GOOGLE RANKING
Sumber : pixabay.com
  1. Gunakan keyword relevan

Keyword masih memiliki pengaruh untuk meningkatkan Google ranking website. Anda dapat melakukan riset keyword untuk menemukan keyword apa yang paling relevan dengan bisnis Anda serta banyak dicari oleh target audiens. Untuk mengoptimalkan performa website, Anda dapat menggunakan  keyword tersebut dalam pembuatan konten, title tag, meta description, heading atau sub heading artikel. Namun perlu Anda perhatikan, agar keyword bekerja dengan baik, sebaiknya jumlah keyword density yang digunakan adalah sekitar 1-2%.

  1. Inbound link

Inbound link atau backlink merupakan hyperlink yang mengarah ke website Anda dari domain web lain. Link ini dapat membuat pengaruh besar pada Google ranking web Anda. Google akan menilai bahwa website Anda memiliki kualitas yang baik serta dipercaya oleh banyak orang.

  1. Pagespeed

Pagespeed mengacu pada seberapa cepat halaman web dapat dimuat ketika seorang user mengklik web Anda di hasil pencarian Google. Semakin cepat pagespeed website, maka akan semakin baik peringkat web Anda. Media dengan ukuran yang besar biasanya akan dimuat dalam waktu yang lama sehingga akan menurunkan kecepatan halaman website. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkompres gambar sebelum mengunggahnya ke situs dalam situs web.

Baca Juga: Belajar SEO: Apa Itu SEO dan Mengapa Penting dalam Digital Marketing?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk bisnis Anda. Kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui teknologi digital. Kami juga memiliki layanan lain seperti optimasi SEO, pembuatan website, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami silakan hubungi kami atau klik jasa digital marketing Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts