pengertian CSS

Apa Pengertian CSS ( Cascading Style Sheet) ? Apa Saja Kelebihannya ?

Oktober 11th, 2019 |

Jika Anda ingin mengetahui pengertian CSS, artikel ini dapat membantu Anda. CSS atau Cascading Style Sheet dibuat dan dikembangkan oleh W3C ( World Wide Web Consortium ) pada tahun 1996. Para web developer tentu sudah tidak asing lagi dengan pengertian CSS karena mereka akan membutuhkannya ketika mengembangkan sebuah website. Lalu apa pengertian CSS itu? Berikut infomrasinya untuk Anda.

Pengertian CSS

CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dan format dokumen yang ditulis dalam bahasa markup seperti HTML (HyperText Markup Language). Dengan menggunakan CSS, Anda dapat mengatur tampilan dan nuansa website seperti warna teks, gaya font, jarak antar paragraf, ukuran kolom, dan lain-lain.

CSS memiliki kaitan yang erat dengan HTML. HTML bekerja sebagai struktur halaman, sedangkan CSS berguna untuk memperbaiki style atau tampilannya. Jadi, CSS dan HTML harus berjalan bersamaan, karena tanpa CSS website Anda akan terlihat membosankan. CSS sendiri memiliki beberapa macam, yaitu inline style sheet, external style sheet, dan embedded style sheet.

PENGERTIAN CSS

Baca Juga: Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

Beberapa kelebihan CSS

  1. CSS dapat menghemat waktu

Anda cukup menulis CSS satu kali dan menggunakan sheet yang sama untuk multiple halaman HTML. Anda dapat menentukan style untuk setiap elemen HTML dan menerapkannya ke semua halaman web sebanyak yang Anda inginkan. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan untuk memprogram ulang style tampilan pada website dapat dilakukan dalam waktu yang lebih cepat.

  1. Maintenance yang mudah

Untuk melakukan perubahan global, Anda cukup membuat satu perubahan pada style sheet CSS situs web dan semua elemen di website akan diperbarui secara otomatis. Hal ini juga akan membantu Anda untuk memastikan bahwa setiap halaman website memiliki style yang sama atau konsisten.

  1. Improve website speed

Anda hanya akan membutuhkan sedikit baris kode pemrograman karena Anda tidak perlu menulis ulang perintah yang diinginkan untuk setiap halaman website. Jika website Anda hanya menggunakan sedikit kode, maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman website juga akan menjadi lebih cepat.

Baca Juga: 6 Skill yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Front End Developer

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai macam layanan terkait teknologi digital untuk mengoptimalkan bisnis Anda.  Kami menyediakan berbagai layanan terkait pembuatan website seperti web design & development, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan detail layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *