meta tags

Cara Menggunakan Meta Tags untuk Mengoptimalkan Website

Oktober 4th, 2019 |

Meta tags merupakan invisible tag ( tidak terlihat ) yang menyediakan data tentang halaman web Anda ke mesin pencari dan pengunjung situs website. Singkatnya, meta tags akan memudahkan mesin pencari untuk mengetahui konten apa yang sedang Anda bicarakan di dalam website. Meta tags dapat Anda temukan di bagian <head> dari dokumen HTML.

 

meta tags

Sumber : www.wordstream.com

 

Mengapa meta tags penting untuk SEO?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meta tags dapat memudahkan mesin pencari dan users untuk menemukan situs web Anda. Anda dapat mengoptimalkan penulisan meta tags sehingga website memiliki peringkat yang lebih baik di dalam hasil mesin pencarian. Terdapat beberapa jenis meta tags yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web di mesin pencarian, yaitu :

  1. Title tag

Title tag atau tag judul merupakan elemen HTML yang digunakan untuk menunjukkan judul halaman website. Pada umumnya, title tag akan ditampilkan pada hasil mesin pencarian atau SERP sebagai judul utama dan dapat diklik oleh pengunjung website. Title tag memiliki peran penting karena dapat memudahkan pengunjung dan mesin pencari untuk mengetahui apa isi konten website. Jika Anda ingin membuat title tag, sebaiknya panjang judul tidak lebih dari 70 karakter agar tidak terpotong di dalam hasil mesin pencarian.

  1. Meta description

Sesuai dengan namanya, meta description adalah meta tags HTML yang memberikan deskripsi singkat tentang halaman web Anda. Mesin pencari menggunakan meta description sebagai potongan teks singkat di bawah title tag dalam hasil mesin pencari. Meta description yang ditulis dengan baik, dapat menarik lebih banyak pengunjung web untuk mengklik website Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Penyedia Jasa SEO Website yang Tepat Untuk Bisnis Anda

  1. Alt text

Alt text merupakan atribut yang ditambahkan ke image tag dalam HTML untuk membantu mesin mencari memahami gambar apa yang Anda gunakan. Meskipun mesin pencari tidak dapat melihat gambar yang Anda posting di situs web, mesin pencari dapat membaca gambar apa yang ditampilkan melalui alt text. Untuk mengoptimalkan website Anda, alt text harus ditulis dengan jelas dan mampu mendeskripsikan gambar yang Anda posting di website.

  1. Header tag (h1, h2, h3, dst)

Header tag merupakan bagian dari konten Anda. Selain dapat memudahkan pengguna dalam membaca konten website, header tag juga dapat membantu mesin pencari untuk memahami konten Anda. Search engine bots menggunakan header tag untuk memahami struktur dan relevansi konten yang ditulis di setiap sub heading website.

Baca Juga: Alasan Mengapa Riset Keyword Penting untuk SEO dan Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk bisnis Anda. Kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui teknologi digital. Kami juga memiliki layanan lain seperti optimasi SEO, pembuatan website, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami silakan hubungi kami atau klik jasa digital marketing Logique.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *