mobile friendly

Mobile Friendly VS Responsive Design. Apa Perbedaannya ?

Oktober 2nd, 2019 |

Ketika Anda berencana untuk mengembangkan website, Anda akan mendengar istilah mobile friendly dan responsive design. Seperti yang Anda ketahui, sebagian besar orang lebih banyak mengakses website menggunakan perangkat seluler. Hal ini membuat banyak pengembang menyarankan klien untuk membuat website yang mudah diakses di perangkat seluler.

Saat ini, memang salah satu request yang paling banyak diminta oleh klien adalah mengembangkan website menggunakan responsive design. Meskipun demikian, masih banyak pertanyaan yang disampaikan klien mengenai perbedaan antara mobile friendly dengan responsive design. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Apa perbedaan mobile friendly dan responsive design ?

Mobile Friendly

Secara sederhana, website mobile friendly merupakan salinan dari website desktop namun dirancang untuk dapat bekerja dengan cara yang sama di seluruh perangkat seluler. Tampilan desain website mobile friendly sama persis dengan tampilan desktop dan yang membedakan hanyalah skala atau ukuran website. Selain itu, fitur atau elemen-elemen di dalam website seperti navigasi, menu, drop-down, dan dan lain-lain juga memiliki fungsi yang sama dengan situs desktop. Namun karena ukurannya yang lebih kecil, pengguna terkadang menjadi kesulitan untuk mengoperasikannya.

Point-point penting dalam mobile friendly:

  1. Konten statis, tidak berubah menyesuaikan ukuran layar perangkat.
  2. Menggunakan navigasi dasar
  3. Gambar ditampilkan dalam ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga: Apa itu Responsive Web Design? Mengapa Anda Membutuhkannya ?

mobile friendly

Responsive design

Website dengan responsive design dirancang dan dikembangkan untuk bisa merespon dan menyesuaikan ukuran layar yang digunakan oleh user. Ketika Anda membuka website dengan design responsive melalui desktop, kemudian mengubah ukuran jendela browser, maka konten akan bergerak dan menyesuaikan ukuran layar yang Anda atur. Karena design yang dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat, maka tata letak, navigasi, dan konten akan memiliki tampilan yang berbeda sesuai ukuran layar.

Point-point penting dalam responsive design:

  1. Konten dinamis dan dapat berubah
  2. Navigasi dioptimalkan agar bisa digunakan dengan mudah di berbagai perangkat.
  3. Gambar dioptimalkan untuk tampilan yang lebih rapi berbagai ukuran layar.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan terkait pembuatan website seperti web design & development, SEO, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional untuk membangun website dengan desain responsive. Untuk melihat website client yang sudah berhasil kami tangani, Anda dapat mengunjungi halaman portfolio Logique. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai layanan yang kami miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *