Tips untuk Meningkatkan Website Security Perusahaan Anda

Website security merupakan aspek penting untuk semua website. Saat ini jenis dan frekuensi cyber attack terus meningkat. Tidak peduli website besar atau kecil, siapa saja bisa menjadi target serangan hacker. Sekitar 54% perusahaan di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka telah mengalami setidaknya satu serangan dalam setahun terakhir. Untuk menghindarinya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan website security perusahaan Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Gunakan password yang kuat

Penggunaan password yang singkat dan simple mungkin akan memudahkan pengguna untuk mengingatnya. Namun hal ini dapat berdampak buruk bagi website Anda. Password yang lemah mudah diretas oleh hacker. Oleh karena itu, selalu prioritaskan untuk menggunakan password yang kuat. Anda dapat menggunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka dan juga simbol untuk membuat password yang unik dan kuat.

Baca Juga: Hindari Penggunaan Password Terburuk Ini Demi Keamanan Sistem Anda

  1. Memperbarui perangkat lunak Anda

Memperbarui semua perangkat lunak merupakan hal vital yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan website security perusahaan. Pembaruan ini berlaku untuk plugins, sistem operasi server, dan semua software yang Anda jalankan di website. Beberapa tahun terakhir, sebagian besar bisnis juga menggunakan aplikasi Content Management Sistem seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain-lain untuk mengelola website. Ketika Anda menggunakan platform ini, Anda harus memastikan untuk selalu menggunakan versi terbaru. Ini perlu Anda lakukan karena para pengembang platform tersebut biasanya akan selalu melakukan update untuk meningkatkan sistem keamanan pada perangkat yang mereka kembangkan.

website security

  1. Gunakan HTTPS

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan pilihan protokol aman untuk website security yang baik. HTTPS menawarkan 3 lapisan perlindungan, yaitu:

  • Autentikasi:

Fungsi autentikasi pada HTTPS adalah untuk memastikan bahwa pengguna melakukan komunikasi dengan situs yang diinginkan. Autentikasi ini dilakukan untuk menanggulangi serangan man-in-the-middle.

  • Enkripsi:

Enkripsi dilakukan untuk menjaga pengguna dari tindakan pencurian dan penyadapan data.

  • Integritas

Data yang dikirim akan dibungkus oleh protokol sehingga selama proses transfer data berlangsung semua data tidak dapat diubah.

  1. Penetration testing

Penetration testing atau pentest merupakan suatu praktek pengujian sistem komputer, jaringan atau pun aplikasi web untuk menemukan celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker. Untuk melakukan penetration testing, Anda dapat bekerja sama dengan tim IT security. Tim pentest akan melakukan sejumlah pengujian dan memberikan rekomendasi keamanan jika mereka menemukan kerentanan dalam sistem Anda. Dalam melakukan pentest,tim IT security akan menggunakan 3 metode yaitu black box testing, white box testing, dan grey box testing.

Baca Juga: Metode Pentest: Black-Box, Grey-Box, dan White-Box Testing 

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan jasa pen test Jakarta dengan metode black box, grey box, dan juga white box. Kami memiliki tim berpengalaman yang akan membantu Anda untuk meningkatkan website security perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami, atau klik layanan pentest Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts