Tren Teknologi HR 2019 dalam Mengelola Tenaga Kerja

Selama beberapa tahun terakhir, cara tim HR dalam mengelola tenaga kerja terus berkembang. Mereka telah mengadopsi digitalisasi dan bekerja dengan cara yang lebih modern. Mereka menggunakan teknologi berbasis cloud, berinvestasi pada alat berbasis AI, dan lain-lain.

Jika sampai saat ini, tim HR Anda masih belum memanfaatkan kemampuan teknologi, maka sudah saatnya Anda melakukan perubahan. Teknologi dapat membantu tim HR dalam mengelola tenaga kerja mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, bahkan sampai pengajuan resign. Berikut ini kami sediakan beberapa tren teknologi HR  yang berguna untuk mengelola tenaga kerja.

Teknologi untuk Mengelola Tenaga Kerja

  1. Pelatihan menggunakan teknologi AR dan VR

Semenjak digunakan dalam berbagai platform gaming, teknologi AR dan VR menjadi semakin populer. Banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini untuk berbagai tujuan, tidak terkecuali untuk tim HRD. Teknologi AR dan VR digunakan dalam proses pelatihan dan pembelajaran sehingga tenaga kerja bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Penerapan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan juga sudah banyak membawa pengaruh positif untuk tim HR. Salah satu keuntungan terbesar yang didapat tim HR dari teknologi ini adalah kemampuannya untuk membantu proses rekrutmen. Dengan algoritma yang canggih, teknologi AI dapat mencari keterampilan, pengalaman, serta pendidikan yang paling relevan dengan apa yang dibutuhkan. Hal ini tentu dapat mempercepat proses penyortiran dan penyaringan tenaga kerja yang sesuai.

tenaga kerja

Baca Juga: Mengapa Transparansi Laporan Kerja Penting untuk Perusahaan ?

  1. Aplikasi seluler

Seperti yang Anda ketahui, pengguna perangkat seluler sudah semakin bertambah banyak. Saat ini sebagian besar kandidat akan mencari pekerjaan melalui perangkat seluler mereka. Itu artinya, teknologi HR juga harus berevolusi agar bisa diakses dengan mudah di perangkat seluler. Pada akhirnya, banyak perusahaan yang memutuskan mengembangkan website atau pun aplikasi untuk memudahkan kandidat untuk mencari dan melamar pekerjaan melalui perangkat seluler mereka.

  1. Internet of Things (IoT)

Penerapan IoT telah meluas ke berbagai bidang industri, seperti pemasaran, kesehatan, human resource, dan lain-lain. IoT memungkinkan benda-benda untuk dapat saling terhubung dan bertukar data sehingga dapat membantu tim HR dalam melacak dan memonitor kinerja karyawannya.

Baca Juga: Remote Work: Kelebihan & Kekurangan Bekerja Remote untuk Karyawan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan tools untuk memudahkan staff HRD dalam mengerjakan tugas mereka. Beberapa teknologi HR yang kami miliki adalah :

  • Dokodemo-Kerja : sistem aplikasi untuk memantau produktivitas karyawan. Tools ini banyak dimanfaatkan untuk memantau kinerja pekerja remote.
  • Sugoi Saiyo : tools untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan.
  • Nippo : sistem laporan harian untuk karyawan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknologi dalam mengelola manajemen karyawan, silakan hubungi kami. Tim Logique akan selalu siap untuk membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts