Web Scraping : Pengertian dan Teknik-teknik yang Digunakan

web scraping

Web scraping dapat menjadi cara terbaik ketika ingin mengumpulkan data website Anda untuk dianalisis. Teknik ini dapat dengan mudah mengumpulkan data pelanggan sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari hackernoon.com, terdapat 10 bidang industri yang membutuhkan keterampilan ini, yaitu Computer Software (22%), Layanan dan Teknologi Informasi (21%), Layanan Keuangan (12%); Internet (11%), Pemasaran dan Periklanan (5%); Keamanan Komputer & Jaringan (3%), Asuransi (2%), Perbankan (2%), Konsultasi Manajemen (2%), dan Media Online (2%).

Sebagian orang saat ini mungkin masih mengumpulkan data secara manual yaitu dengan menyalin satu persatu data yang ada di website. Namun jika website yang Anda kelola adalah situs berukuran besar dengan jumlah ribuan data, tentu pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Untungnya, saat ini ada teknologi bernama web scraping yang dapat menyederhanakan proses tersebut.

Pengertian Web Scarping

Web scraping adalah proses untuk mengekstraksi informasi dan data di dalam website secara otomatis kemudian menyimpannya dengan format yang diinginkan. Anda dapat menyimpan data dalam format teks, CSV, atau JSON. Web scraping dapat membantu Anda untuk mengekstrak berbagai jenis data yang Anda inginkan. Biasanya web scraping dilakukan menggunakan web scraper, bot, web spider, atau web crawler.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Tools dari Customer Relationship Management

web scraping
Sumber: www.promptcloud.com

3 Teknik Web Scraping

1.HTML Parsing

HTML parsing merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam proses parsing atau penguraian data. Teknik ini dilakukan menggunakan Javascript dan menargetkan halaman HTML linear atau nested. Teknik ini dapat mengekstraksi data dengan cepat dan mudah. Beberapa data yang Anda dapat seperti tulisan, link, screen, dan lain-lain.

2.DOM Parsing

DOM atau Document Object Model menentukan gaya, struktur serta konten yang terkandung dalam file XML. Teknik DOM parsing biasanya digunakan ketika Anda ingin mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai struktur halaman website. Anda dapat menggunakan DOM parser untuk mengumpulkan node yang berisi informasi dan mengekstrak data di dalamnya menggunakan sebuah alat seperti XPath.

3.Google Sheets

Google sheet sebenarnya dapat digunakan sebagai alat web scraping dasar. Anda dapat menggunakan formula khusus untuk mengekstrak data dari halaman web, kemudian mengimpornya langsung ke dalam Google sheet. Beberapa formula sheet yang dapat digunakan untuk web scraping di Google Sheet adalah ImportXML, ImportHTML, ImportFEED, dan ImportDATA.

Baca Juga: Bahaya Website Defacement dan Tips untuk Menghindarinya

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman di Indonesia. Kami menawarkan berbagai layanan di bidang teknologi mulai dari pembuatan website, pengembangan aplikasi, digital marketing dan lain-lain. Kami memiliki beragam solusi untuk mengoptimalkan bisnis Anda di era digital seperti sekarang ini. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mengetahui info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts