Bagaimana Cara Teknologi Membantu Tugas Staff HRD?

Sejak teknologi hadir, banyak orang dapat merasakan berbagai kemudahan dalam beraktivitas, tidak terkecuali bagi staff HRD. Teknologi telah mengubah cara staff HRD dalam menghubungi karyawan, menyimpan file perusahaan, serta mengevaluasi kinerja karyawan.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, teknologi akan membawa dampak positif bagi staff HRD di perusahaan apa pun. Teknologi akan membantu pekerjaan staff HRD menjadi lebih sistematis, terorganisir, dan efisien. Berikut ini beberapa contoh kemudahan yang bisa tim HR dapatkan jika mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.

Baca Juga: Tips Menggunakan Teknologi untuk Menarik Tenaga Kerja dari Generasi Z

  1. Menjembatani kesenjangan komunikasi

Hal ini menjadi salah satu manfaat yang sudah dirasakan sebagian besar tim HRD. Dengan hadirnya teknologi, komunikasi antar HRD dan karyawan atau dengan pihak lain dapat menjadi semakin mudah. Saat ini juga sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi chat, seperti Slack, Skype, atau pun HipChat untuk bertukar file dan informasi. Penggunaan aplikasi chat juga memberi kemudahan bagi tim HRD untuk tetap terhubung dengan karyawan yang bekerja dengan sistem remote.

  1. Kemudahan dalam menganalisis kinerja karyawan

Teknologi juga mampu memberi kemudahan tim HRD dalam menganalisis kinerja karyawan. Pada umumnya, tim HR akan melakukan evaluasi untuk melihat kinerja karyawannya. Namun proses yang dibutuhkan biasanya cukup rumit, sehingga memakan waktu yang lama. Dengan teknologi, HRD dapat mempersingkat proses tersebut. Anda dapat menggunakan aplikasi atau pun software untuk membantu. Nippo merupakan sistem untuk membuat laporan harian karyawan berkaitan dengan tugas yang mereka kerjakan saat itu. Melalui alat ini, tim HRD dan manajemen dapat lebih mudah dalam memantau kinerja karyawan.

STAFF HRD

Baca Juga: Mengapa Transparansi Laporan Kerja Penting untuk Perusahaan ?

  1. Perekrutan menjadi lebih mudah

Banyak kendala yang ditemui oleh tim HRD dalam proses rekrutmen, mulai dari menyaring terlalu banyak CV, sulit menemukan kandidat yang sesuai,  dan lain-lain. Untungnya saat ini sudah ada teknologi yang mampu mempermudah proses tersebut. Perusahaan dapat menggunakan tools penyaringan otomatis untuk mendeteksi keterampilan kandidat. Dengan bantuan teknologi, tim HRD tidak perlu lagi memilah-milah surat lamaran yang diterima secara manual.

Salah satu alat yang dapat tim HRD gunakan adalah Sugoi Saiyo. Alat ini dapat dengan mudah mengelola seluruh proses lamaran mulai dari masuknya surat lamaran, test, sampai pemberian surat tawaran kerja.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan tools untuk memudahkan staff HRD dalam mengerjakan tugas mereka. Beberapa HR technology yang kami miliki adalah :

  1. Dokodemo-Kerja : sistem aplikasi untuk memantau produktivitas karyawan. Tools ini banyak dimanfaatkan untuk memantau kinerja pekerja remote.
  2. Sugoi Saiyo : tools untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan.
  3. Nippo : sistem laporan harian untuk karyawan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknologi dalam mengelola manajemen karyawan, silakan hubungi kami. Tim Logique akan selalu siap untuk membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts