agile software development

4 Prinsip Utama dalam Agile Software Development

September 11th, 2019 |

Jika Anda bekerja di bidang IT, pasti sudah sering mendengar istilah Agile software developement. Agile software development merupakan sebuah metode yang digunakan dalam pengembangan software, baik itu website, web application, atau pun mobile application. Metode ini fokus untuk menghasilkan software berkualitas tinggi namun dengan proses yang ramping. Sampai saat ini sudah banyak perusahaan developer yang menggunakan metode ini karena Agile Software Development dinilai lebih efektif dan efisien daripada metode lain seperti Waterfall.

Apa itu Agile Software Development?

Agile software development merupakan metode atau pendekatan khusus untuk manajemen proyek yang digunakan dalam pengembangan software. Metode ini memerlukan tim pengembang yang dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Agile development akan menggunakan urutan kerja inkremental dan berulang yang umumnya dikenal sebagai sprint.

Metode Agile juga akan berfokus pada kolaborasi tim yang baik antara tim pengembang dengan klien agar output yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Agile software development ini dapat Anda gunakan jika software dan aplikasi yang Anda kembangkan membutuhkan pembaruan atau update secara rutin.

agile software development

Prinsip utama dalam Agile Manifesto

Agile manifesto merupakan nilai-nilai yang digunakan sebagai landasan ketika menjalankan Agile software development. Agile manifesto ini diperkenalkan oleh 17 software developer, berikut 4 prinsip utamanya:

  1. Interaksi dan personel lebih penting daripada proses dan alat.

Di dalam metode ini, individu dan interaksinya akan dianggap lebih penting daripada proses dan tools yang digunakan. Proses dan tools yang hebat tidak akan berfungsi dengan baik jika personel tim tidak memiliki kemampuan untuk menjalankannya. Interaksi dan komunikasi antar tim juga diperlukan untuk menghindari konflik yang bisa membuat proses pengembangan berjalan tidak efektif.

  1. Software yang berfungsi lebih penting daripada dokumentasi yang lengkap

Tujuan utama dari Agile development adalah untuk mengembangkan suatu software. Oleh karena itu, software yang berfungsi dengan baik dan berhasil di-deliver kepada user akan lebih penting nilainya daripada dokumen untuk mendeskripsikan produk.

  1. Kolaborasi dengan klien lebih penting daripada negosiasi kontrak

Software akan dikembangkan sesuai dengan permintaan klien. Namun sayangnya, sebagian besar klien tidak memahami dunia IT sehingga mereka kesulitan untuk menjabarkan sistem yang mereka inginkan. Oleh karena itu, Anda harus melibatkan klien dalam proses pengembangan software. Hal ini untuk menghindari pengembangan fitur atau sistem yang tidak sesuai dengan permintaan klien. Dengan terus berkomunikasi dengan klien, kesalahpahaman dapat diminimalisir.

  1. Respon terhadap perubahan lebih penting daripada mengikuti rencana.

Dalam proses pengembangan software, perubahan dapat terjadi kapan saja. Permintaan perubahan bisa datang dari klien atau pihak developer sendiri. Selain itu, teknologi akan semakin berkembang sehingga perubahan dapat terus terjadi. Project plan juga penting, namun dalam Agile development, tim harus bisa beradaptasi dengan cepat ketika terjadi perubahan.

Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman di Indonesia yang menyediakan beragam layanan untuk Anda. Beberapa layanan yang kami tawarkan seperti jasa pembuatan website, pengembangan aplikasi, digital marketing, penetration testing, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis menggunakan teknologi digital, silakan konsultasikan bersama kami. Klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *