Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Sales Admin di Perusahaan IT ?

Perlu Anda ketahui, perusahaan IT tidak hanya berisi tim developer atau pengembang sistem saja. Perusahaan IT juga memiliki tim penjualan seperti sales admin untuk membantu menawarkan layanan kepada para client.

Sales admin merupakan profesi yang bertugas untuk mendukung aktifitas sales terutama yang berhubungan dengan administrasi di suatu perusahaan. Mereka memiliki peran yang cukup penting. Tidak jarang, mereka menjadi titik kontak pertama ketika  pelanggan ingin menyampaikan pertanyaan, request layanan pembuatan web dan aplikasi, bahkan keluhan mengenai suatu produk. Oleh karena itu, selain  menguasai bidang penjualan, mereka juga harus menguasai customer service skill dengan sangat baik.

Baca Juga: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan Oleh Presales IT Consultant

sales admin

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Admin

Seperti yang disinggung sebelumnya, sales admin memiliki tugas untuk mensupport kegiatan penjualan web, aplikasi, atau layanan digital yang lain. Mereka akan melakukan sejumlah tugas yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, serta memastikan proses administrasi dalam penjualan produk dapat berjalan dengan lancar. Inilah sebabnya mengapa mereka juga berperan sebagai penghubung antara client atau pelanggan dengan tim penjualan. Karena selain membantu mengkoordinasi kegiatan penjualan, mereka juga harus mampu menjaga kepuasan pelanggan. Sales admin akan membantu memproses pesanan, mencari informasi pelanggan, serta memberikan laporan layanan pelanggan pasca penjualan.

Pada umumnya mereka memiliki beberapa tugas utama, seperti :

  1. Mengirim dan menindaklanjuti quotations
  2. Menghandle permintaan client terkait layanan yang ditawarkan
  3. Mencapai target penjualan
  4. Membangun dan menjaga hubungan baik dengan client
  5. Membuat laporan
  6. Ikut andil dalam mengembangkan bisnis

Melihat tanggung jawab dan tugas yang harus dikerjakan, maka tim ini memiliki beberapa skill atau keterampilan yang harus dikuasai. Kandidat yang ideal untuk posisi ini adalah mereka yang mampu bekerja secara efisien, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, basic technical knowledge, menguasai customer service skill atau client management, serta kemampuan administrasi yang baik seperti menguasai Ms. Word, Excel, Power Point, spreadsheet, dll. Perlu diperhatikan juga, karena sales admin akan bekerja sama dengan tim lain serta berhubungan dengan banyak orang, maka mereka juga harus memiliki attitude yang baik.

Baca Juga: Apa Perbedaan Inside Sales dengan Telemarketing ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia saat ini membuka kesempatan magang untuk posisi sales admin. Jika Anda tertarik di dunia teknologi dan sales, Anda dapat bergabung bersama kami. Silakan kunjungi halaman karir Logique atau hubungi kami untuk mendapat informasi lebih detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts