hashtag instagram

Panduan Menggunakan Hashtag Instagram untuk Menjangkau Audiens

September 4th, 2019 |

Hashtag instagram masih menjadi salah satu aspek penting untuk mempromosikan akun bisnis Anda. Seperti yang Anda ketahui, saat ini Instagram sudah semakin berkembang dengan beragam fitur barunya. Meskipun demikian, Instagram tetap menjaga fitur hashtag untuk tetap bisa digunakan penggunanya.

Sebuah konten yang diposting menggunakan satu hashtag relevan setidaknya dapat memiliki engagement yang lebih besar daripada konten yang diposting tanpa hashtag sama sekali. Penggunaan hashtag akan memberi Anda beberapa keuntungan, seperti :

  • Konten menjadi lebih mudah ditemukan.
  • Dapat meningkatkan interaksi karena pengguna saat ini dapat follow hashtag favorite mereka
  • Meningkatkan jumlah like
  • Menarik lebih banyak follower baru

Panduan Menggunakan Hashtag Instagram

  1. Lakukan riset hashtag Instagram

Agar hashtag dapat bekerja secara efektif untuk menjangkau target audiens, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan Instagram generator seperti all-hashtag.com, ingramer.com, atau yang lain untuk menemukan hashtag yang paling relevan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa melakukan riset secara manual dengan mencari tahu hashtag apa saja yang sering digunakan oleh pesaing Anda.

hashtag instagram

  1. Tidak menggunakan daftar hashtag yang sama untuk semua konten

Menyalin dan menggunakan daftar hashtag yang sama persis untuk setiap post dapat membuat konten Anda terlihat spammy. Oleh karena itu, sebaiknya perbarui atau ganti daftar hashtag yang digunakan setiap kali Anda memposting konten baru. Selain itu, sebaiknya juga hindari penggunaan “gimmicky hashtags” seperti #likeforlike #likeforfollow #follow4followback yang telah digunakan sebanyak lebih dari 1 juta kali. Hashtag seperti ini tidak bisa membantu Anda untuk menjangkau target audiens yang tepat.

Baca Juga: 4 Jenis Iklan di Instagram Ads untuk Meningkatkan Keuntungan

  1. Gunakan hashtag Instagram di stories

Fitur stories memiliki popularitas yang cukup tinggi saat ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari statista.com, sampai bulan Januari 2019, pengguna aktif Instagram stories sudah mencapai 500 juta. Hal ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak audiens. Tambahkan hashtag ketika Anda membuat stories agar konten lebih mudah ditemukan oleh audiens. Instagram sendiri memungkinkan penggunanya untuk bisa menggunakan 10 hashtag di dalam stories.

  1. Analisis kinerja hashtag Instagram yang Anda gunakan

Untuk mengetahui keberhasilan hashtag dalam menjangkau target audiens, Anda dapat menganalisisnya menggunakan Instagram insight. Jika saat ini Anda sudah menggunakan akun bisnis, Anda dapat melihat data tersebut dari fitur “view insight” . Di dalamnya Anda dapat melihat total impressions yang dihasilkan dari hashtag yang digunakan.

Baca Juga: Data-data yang Dapat Anda Analisis dari Instagram Insight

Layanan Logqiue Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk bisnis Anda. Kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui teknologi digital. Kami juga memiliki layanan lain seperti optimasi SEO, pembuatan website, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami silakan hubungi kami atau klik jasa digital marketing Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *