Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Melamar Lowongan Magang

Saat ini banyak perusahaan startup yang membuka lowongan magang dan memberi kesempatan pada mahasiswa semester akhir untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari program magang ini. Mereka dapat belajar membiasakan diri dengan dunia kerja, serta mengetahui berbagai ilmu dan teknologi baru.

Jika Anda saat ini sedang mencari lowongan magang, terdapat beberapa kesalahan yang perlu dihindari agar dapat diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

3 Kesalahan kandidat ketika melamar lowongan magang

  1. Tidak mengikuti instruksi perusahaan

Ketika melamar lowongan magang, Anda harus mengetahui bagaimana jalannya proses rekrutmen. Masing-masing perusahaan biasanya memiliki peraturan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca instruksi yang diberikan dengan cermat.

Sebagai contoh, ketika perusahaan meminta kandidat untuk mengirim surat lamaran secara online melalui website perusahaan, maka Anda harus mengikuti instruksi tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan, karena surat lamaran yang tidak sesuai instruksi memiliki kemungkinan besar untuk tidak diproses. Jika Anda mengalami kesulitan dengan proses rekrutmen yang disediakan, tentu Anda dapat menghubungi tim HR untuk meminta solusi dan bantuan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Magang di Perusahaan Startup

lowongan magang

  1. Tidak mencantumkan surat lamaran

Ketika perusahaan meminta Anda untuk mengirim surat lamaran melalui email, jangan lupa untuk mencantumkan surat lamaran atau cover letter. Surat ini dapat berguna untuk memperkenalkan diri Anda, menjelaskan tujuan Anda melamar, posisi yang ingin Anda lamar, dan lain-lain. Surat lamaran merupakan salah satu bagian penting ketika melamar lowongan magang karena menjadi media pertama untuk berkomunikasi tim HR. Jika Anda dapat memberi kesan positif melalui surat lamaran, tentu tim HR akan lebih tertarik untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Tidak melakukan follow up

Kesalahan lain yang perlu Anda hindari adalah menunggu terlalu lama dan tidak melakukan follow up untuk lamaran yang sudah dikirim. Jika Anda tidak menerima info dari perusahaan dalam 10 hari setelah lamaran dikirim, ada baiknya jika Anda melakukan follow up untuk mengkonfirmasi bahwa perusahaan telah menerima surat lamaran . Anda dapat menghubungi perusahaan atau mengirim email untuk menanyakan status lamaran yang sudah Anda kirim.

Baca Juga: Tips Menjalani Program Internship di Perusahaan Startup

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman di Indonesia . Saat ini kami membuka lowongan magang untuk beberapa posisi untuk ditempatkan di Jakarta dan Yogyakarta. Untuk mengetahui posisi yang sedang kami butuhkan, silakan klik Halaman Karir Logique. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts