Apa itu Responsive Web Design? Mengapa Anda Membutuhkannya ?

responsive web design

Responsive web design menjadi hal penting yang perlu Anda gunakan ketika membangun sebuah website. Desain ini dapat memberi Anda banyak keuntungan , seperti  mengoptimalkan kinerja website, membuat situs web menjadi mobile-friendly, memperbaiki tampilan web di perangkat layar besar atau pun kecil, serta mampu meningkatkan peringkat web di mesin pencari.

Responsive web design merupakan desain situs web yang dapat beradaptasi dan merespon perubahan lebar layar sesuai dengan perangkat atau browser yang digunakan oleh users. Desain dapat secara otomatis menyesuaikan penempatan komponen agar sesuai dengan ruang yang tersedia. Jadi, ketika Anda membuka web responsive melalui desktop kemudian mengubah ukuran jendela browser, maka konten website apa akan bergerak secara otomatis menyesuaikan ukuran layar perangkat yang Anda atur.

Untuk mengembangkan desain ini, developer harus mengimplementasikan 3 point utama, yaitu:

  • Fluid grids
  • Media queries
  • Flexible images and media

Baca Juga: 3 Poin Utama Ketika Mengembangkan Responsive Website

responsive web design

3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Responsive Web Design

  1. Semakin meningkatnya pengguna seluler

Pengguna perangkat seluler sudah semakin meningkat, sehingga Anda harus menyediakan website yang dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis perangkat. Dengan responsive web design, website Anda akan memiliki tampilan yang baik. Tidak hanya untuk desktop, namun juga perangkat mobile seperti smartphone atau pun tablet. Kemudahan akses ini tentu akan membawa berpengaruh pada peningkatan traffic. Tidak menutup kemungkinan, dengan bertambahnya pengunjung website maka konversi yang dihasilkan juga akan semakin besar.

  1. Biaya maintenance yang lebih rendah

Sebelum ada responsive web design, website dibangun untuk 2 versi yang terpisah, yaitu desktop dan seluler. Cara ini membutuhkan biaya dan waktu yang tinggi karena Anda harus memelihara dua situs web yang berbeda. Dengan menggunakan desain responsive, maintenance tidak perlu dilakukan untuk dua website sehingga dapat memotong biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Desain Template

  1. Meningkatkan user experience

User experience merupakan salah satu hal yang harus Anda prioritaskan. Situs website yang memiliki tampilan rapi, profesional serta mudah dioperasikan dapat memberi user experience yang baik sehingga mampu meyakinkan pengguna untuk menggunakan layanan Anda. User experience yang baik juga akan membantu Anda untuk mengurangi bounce rate yang tinggi.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan website yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren terbaru di dunia digital. Anda dapat mengunjungi halaman portfolio Logique untuk melihat website client yang sudah kami tangani. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mengetahui detail informasi mengenai layanan Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts