3 Cara yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengenali Email Phishing

https://unsplash.com/photos/g4Ry1F4AZ5Q

Email phishing merupakan salah satu teknik yang dilakukan hacker untuk menyerang suatu perusahaan. Hacker akan mengirim email berisi link palsu atau berbahaya untuk mencuri berbagai informasi penting seperti user id dan password. Meskipun teknik ini termasuk teknik lama, namun masih banyak yang menjadi korban dari serangan email phishing ini.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sebagian perusahaan akan menggunakan email untuk berkomunikasi dan berbagi dokumen. Jika karyawan Anda tidak aware dengan serangan ini, mereka akan sangat mudah menjadi korban sehingga merugikan keamanan data perusahaan. Untuk menghindarinya, Anda harus mengenali bagaimana bentuk dari serangan ini.

  1. Email phishing meminta informasi pribadi

Meskipun hacker dapat meniru gaya bahasa agar terlihat seperti email asli, namun Anda masih bisa mengenali email phishing dari isi pesan yang dikirim. Email phishing pada umumnya akan meminta korban untuk mengirim informasi pribadi atau mengklik link berbahaya. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika Anda menerima email yang meminta informasi pribadi seperti user id, password, info kartu kredit, dan lain-lain. Jangan membalas email dan hindari untuk mengklik berbagai tautan yang terdapat di dalam email tersebut.

email phishing

Sumber : unsplash.com

Baca Juga: 3 Strategi Cyber Security Banking yang Lebih Aman

  1. Alamat web dan email tidak terlihat asli

Hacker dapat melakukan berbagai cara untuk menipu korban. Mereka dapat meniru gaya bahasa yang terlihat profesional, menggunakan logo perusahaan, bahkan membuat website dan email yang menyerupai dengan perusahaan yang sebenarnya. Ketika Anda menerima email mencurigakan, cek kembali email dan website sah dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Strategi Keamanan Siber Ketika Memesan Fasilitas Liburan Secara Online

  1. Isi pesan yang mengancam atau mampu membuat panik

Email yang dikirim oleh hacker biasanya ditulis dengan bahasa yang mengancam atau membuat panik pembaca. Korban yang panik biasanya akan mudah tertipu dan mengklik tautan yang sudah disediakan oleh hacker. Sebagai contoh, email phishing akan meminta korban untuk mengupgrade account mereka, dan jika tidak dilakukan maka account akan segera dinonaktifkan. Jika tidak berhati-hati, korban bisa saja langsung percaya dan mengikuti perintah yang ditulis oleh hacker.

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda mencari jasa pen test di Jakarta, Logique Digital Indonesia dapat membantu Anda. Logique menyediakan jasa penetration testing untuk meningkatkan sistem keamanan perusahaan Anda. Layanan kami dapat membantu meminimalisir terjadinya email phishing dengan memberi edukasi dan pelatihan security awareness. Silakan hubungi kami atau klik jasa pentest Logique untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@OpenClipart-Vectors

9 Kelebihan Linux yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: pixabay.com/@TayebMEZAHDIA
Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@Suomy