multi platform

Tools Terpopuler untuk Pengembangan Aplikasi Multi Platform

Agustus 27th, 2019 |

Tools untuk mengembangkan aplikasi multi platform sangat berguna bagi developer melihat semakin banyaknya jenis perangkat yang digunakan oleh konsumen. Dengan mengembangkan aplikasi multi platform, developer dapat membuat aplikasi Android dan iOS dengan menggunakan basis kode yang sama.

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi yang dapat menjangkau pengguna Android dan iOS secara bersamaan, maka Anda harus membangun aplikasi yang mendukung sistem multi platform. Berikut beberapa tools terpopuler yang sering digunakan developer untuk mengembangkan aplikasi multi platform.

  1. PhoneGap

PhoneGap merupakan perangkat lunak yang bersifat open source serta gratis digunakan. Alat ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android, Windows, atau pun iOS. Untuk mengembangkan aplikasi menggunakan tools ini, Anda harus menguasai bahasa pengembangan web standar seperti CSS, HTML, dan JavaScript. PhoneGap juga memberi akses ke semua API perangkat asli seperti kamera, GPS, accelerometer, dan lain-lain. Hal ini dapat membuat aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi web tetap dapat berjalan seperti aplikasi native pada umumnya.

  1. Appcelerator

Tools pengembangan aplikasi multi platform selanjutnya adalah Appcelerator. Alat ini dapat membantu developer untuk mengembangkan aplikasi native hanya dengan menggunakan satu basis kode JavaScript.  Dengan Appcelerator, Anda akan diberikan akses ke Hyperloop yaitu salah satu API lintas platform terbaik untuk pengembangan aplikasi multi platform. Alat ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi bugs dan crashes, sehingga Anda dapat meningkatkan kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal dalam Pengembangan Mobile Application

multi platform

  1. NativeScript

Dengan NativeScript, Anda dapat membangun aplikasi seluler untuk Android dan iOS menggunakan JavaScript, Angular, atau TypeScript. NativeScript juga memiliki intergrasi dengan Vue.JS dan mendukung ratusan plugin untuk fungsionalitas yang lebih baik. Untuk menggunakan NativeScript ini, Anda akan membutuhkan pengetahuan mengenai command-line serta menyediakan text editor sendiri.

  1. Xamarin

Xamarin dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi untuk berbagai platform seperti Windows, iOS, dan Android dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Semenjak diakuisisi oleh Microsoft, Xamarin terintegrasi dengan Visual Studio, yaitu IDE (Integrated Development Environment) dari Microsoft. Beberapa fitur yang dimiliki Xamarin seperti akses ke API asli, kemampuan untuk menambah komponen secara langsung dari interface, dan lain-lain. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Xamarin akan bekerja seperti dengan aplikasi asli.

Baca Juga: App Store Optimization : Solusi Meningkatkan Popularitas Aplikasi Seluler

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pengembangan aplikasi untuk berbagai platform. Dalam proses pengembangannya, kami akan mengimplementasikan teknologi terbaru, mengoptimalkan desain UI dan UX, serta membantu mendaftarkan aplikasi ke App Store atau Google Play. Silakan hubungi kami atau klik Jasa Pembuatan Aplikasi untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Saat ini kami juga sedang membuka lowongan untuk Mobile App Developer. Untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan, silakan klik Halaman Karir Logique.

One thought on “Tools Terpopuler untuk Pengembangan Aplikasi Multi Platform”

  1. niken swastika
    Agustus 28, 2019 at 8:52 am | Balas

    Info yang bermanfaat, kunjungi website kami juga di https://jos.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *