4 Hal yang Dapat Menyebabkan Data Breach di Perusahaan

data breach

Data breach merupakan salah satu jenis serangan cyber yang dapat mengancam bisnis Anda. Data breach atau pelanggaran data merupakan suatu kondisi di mana hacker mampu menyusup masuk ke dalam sistem dan mengekstraksi data-data penting di dalamnya.

Hal ini mampu membawa berbagai dampak negatif untuk bisnis, mulai dari tercurinya data-data sensitif sampai hilangnya kepercayaan pelanggan. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan data breach dapat terjadi.

4 Penyebab data breach

  1. Kredensial yang lemah

Kredensial atau kata sandi yang lemah menjadi salah satu penyebab data breach dapat terjadi. Kata sandi dibuat dengan tujuan untuk mengamankan sistem. Namun sayangnya masih banyak yang menggunakan kata sandi dengan frasa sederhana seperti Password1 atau 123456. Jika hacker dapat menemukan kata sandi yang Anda gunakan, mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam sistem dan mengakses data-data sensitif di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan secara regular memperbaruinya.

  1. Adanya kerentanan di dalam aplikasi

Sebagian besar hacker akan melakukan sejumlah serangan ketika mereka menemukan kerentanan dalam sebuah sistem. Itulah sebabnya, penting bagi perusahaan untuk melakukan penetration testing secara rutin. Penetration testing dapat membantu perusahaan untuk menemukan celah keamanan agar bisa segera ditambal atau diperbaiki.

DATA BREACH

Baca Juga: Tips yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Data Breaches

  1. Malware

Malware ( malicious software ) merupakan suatu program atau file berbahaya yang dibuat dengan tujuan jahat. Peretas dapat menyebarluaskan malware ketika sistem memiliki kerentanan keamanan. Mereka juga dapat menanamkan malware ketika karyawan Anda secara tidak sadar mengklik tautan berbahaya yang dikirim melalui email. Berbagai serangan malware ini biasanya digunakan oleh peretas untuk menghilangkan langkah otentikasi yang digunakan untuk melindungi sistem.

  1. Orang dalam yang berbahaya

Selain karena faktor kesalahan teknis, data breach juga dapat terjadi karena faktor kesengajaan. Beberapa karyawan Anda mungkin memiliki akses untuk melihat data sensitif perusahaan. Terkadang karena iming-iming imbalan berupa uang, karyawan dapat menyalahgunakannya dan memberikan akses tersebut kepada peretas. Jika peretas berhasil membujuk karyawan Anda, mereka dapat mengakses data dengan mudah tanpa harus mengekploitasi sistem untuk menemukan celah keamanan.

Baca Juga: Lemahnya Keamanan Data Menjadi Penyebab Pelanggaran Data

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda mencari jasa pen test Jakarta, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Kami menyediakan jasa penetration testing untuk membantu perusahaan terhindar dari sejumlah serangan hacker. Kami akan melakukan sejumlah pengujian untuk mengetahui apakah sistem yang Anda gunakan memiliki celah keamanan yang dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan  ini silakan hubungi kami atau klik Layanan Pentest Logique.

One thought on “4 Hal yang Dapat Menyebabkan Data Breach di Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts