Pentingnya Transformasi Digital untuk Perusahaan di Indonesia

Digital Transformation

Transformasi digital yang terjadi telah membawa berbagai dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan. Dengan perkembangan perangkat telekomunikasi serta ketersediaan jaringan internet, saat ini kita dapat melakukan berbagai aktivitas secara online. Mulai dari berbelanja, mendengarkan musik, membaca berita, dan lain-lain. Melihat digitalisasi yang telah terjadi di segala aspek, penting bagi suatu perusahaan untuk mengikuti proses transformasi digital tersebut.

Mengapa transformasi digital penting untuk perusahaan ?

  1. Adanya perubahan perilaku konsumen

Transformasi digital serta kemajuan teknologi telah membawa perubahan pada perilaku pasar. Saat ini sebagian besar konsumen lebih cenderung untuk melakukan transaksi secara online. Hanya dengan perangkat smartphone yang terhubung dengan koneksi internet, konsumen dapat membeli berbagai kebutuhan mereka tanpa harus datang ke outlet. Jika perusahaan tetap ingin dapat bersaing di era digital, maka kemudahan ini juga harus disediakan di dalam bisnis.

transformasi digital

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Media digital yang mudah diakses dan dioperasikan mampu memberi kepuasan bagi pelanggan Anda. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi atau pun website dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Melalui media digital tersebut, konsumen juga dapat dengan mudah mencari berbagai informasi mengenai layanan Anda selama 24 jam non stop.

Era digital juga menyediakan beragam tools yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis perilaku konsumen. Data yang Anda peroleh dari analytic tools ini dapat Anda gunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

Baca Juga: Apa itu Industri 4.0 ? Apa Strategi Indonesia untuk Menghadapinya ?

  1. Lebih menghemat waktu dan biaya

Ketika Anda mengaplikasikan teknologi digital untuk bisnis, Anda akan memperoleh banyak keuntungan dari sisi efisiensi waktu dan penghematan biaya pengeluaran. Sebagai contoh, jika bisnis Anda memiliki cabang di beberapa kota maka pengiriman dokumen antar cabang bukan lagi masalah. Data atau dokumen dapat dengan mudah dibagi melalui Google Drive atau pun Dropbox.

Mengaplikasikan teknologi digital juga memungkinkan bisnis kecil menjangkau target pasar yang luas. Jika sebelumnya pemasaran dilakukan dengan membayar iklan di televisi, radio, atau media cetak, kini pemasaran dapat dilakukan secara online. Dengan membangun sebuah website, bisnis kecil pun juga memiliki kesempatan untuk memasarkan layanannya ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Digital yang Sukses? Simak 4 Poin Berikut  

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT dengan berbagai layanan. Kami akan membantu bisnis Anda mendapat keuntungan yang tinggi melalui teknologi digital. Beberapa layanan yang kami tawarkan seperti jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, digital marketing, optimasi SEO, penetration testing, dan lain-lain. Jika Anda tertarik dengan layanan kami silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts