go programming language

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang yang Perlu Anda Ketahui

Agustus 19th, 2019 |

Bahasa pemrograman Golang atau juga dikenal dengan sebutan Go, dikembangkan di Google oleh Rob Pike, Robert Griesemer, dan Ken Thompson. Bahasa ini dirilis sebagai proyek open source pada tahun 2009.

Sampai saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa pemrograman Golang seperti Google, Dropbox, Cloudflare, dan Soundcloud. Bahasa ini memiliki popularitas yang semakin meningkat karena memiliki beberapa kelebihan. Berikut 5 kelebihan dari bahasa pemrograman Golang.

  1. Memiliki Goroutines

Golang memiliki Goroutines yang mampu membuat manajemen memori bekerja dengan efektif. Untuk setiap new thread yang Anda buat di Java, pada umumnya Anda akan menggunakan memori sebesar 1 Mb. Namun ketika Anda menggunakan Golang, memori yang dibutuhkan sangat kecil yaitu sebesar 2 Kb. Hal ini tentu sangat berguna ketika Anda memiliki multiple thread yang harus dijalankan.

  1. Golang bekerja dengan cepat

Meskipun Golang dirancang untuk menghasilkan aplikasi dengan performa yang tinggi, namun struktur dan sintaks yang dimiliki cukup sederhana. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menulis kode dengan cepat. Golang juga mampu memproses kompilasi dengan cepat, sehingga proses pengembangan dapat selesai dengan waktu yang lebih singkat.

bahasa pemrograman golang

  1. Sederhana dan mudah dipelajari

Go sangat mudah untuk dimengerti. Sintaks yang digunakan sederhana sehingga mudah diakses oleh pemula. Di dalamnya juga tidak terdapat berbagai fungsi komplek yang harus dipelajari. Selain itu, dokumentasi yang dimiliki juga terstruktur dengan baik dan rapi.  Jika Anda sudah mahir menggunakan C++ atau C#, Anda pasti bisa mempelajari bahasa Golang dengan cepat karena sintaksis yang digunakan mirip dengan bahasa pemrograman C.

Baca Juga: 3 Bahasa Pemrograman untuk Pengembangan Android Application

  1. Memiliki fungsi garbage collection

Bahasa pemrograman Golang mempunyai fungsi garbage collection yang dapat membantu manajemen memori bekerja dengan baik. Fungsi ini memiliki pengaruh signifikan untuk menjaga performa serta membuat concurrency bekerja efisien.

  1. Memiliki dukungan dari Google

Google memiliki salah satu infrastruktur cloud terbesar di dunia dan terus ditingkatkan secara masif. Bahasa pemrograman ini sengaja dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh tim Google untuk mendukung skalabilitas dan efektivitas sistem mereka. Oleh karena itu, ketika Anda mengembangkan suatu sistem dan memikirkan masalah skalabilitas, Golang menjadi bahasa pemrograman yang dapat Anda andalkan.

Baca Juga: Frameworks Populer untuk Membangun Progressive Web Apps (PWA)

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan untuk Anda, mulai dari jasa pembuatan website, penetration testing, pengembangan aplikasi seluler, digital marketing, dan lain-lain. Saat ini Logique sedang membuka lowongan untuk beberapa posisi seperti Web Developer, Full Stack Developer, Quality Assurance, dan lain-lain. Untuk mendapatkan info lowongan secara lengkap silakan kunjungi halaman karir Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *