telecommuting

PNS Ingin Kerja Remote atau Telecommuting? Persiapkan Dulu 3 Hal Ini!

Agustus 16th, 2019 |

Beberapa waktu yang lalu sempat muncul wacana bahwa PNS atau Pegawai Negeri Sipil diperbolehkan untuk bekerja dengan sistem telecommuting atau kerja remote. Wacana ini pertama kali disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Saat ini wacana tersebut masih dalam proses rancangan dan belum diketahui kapan akan diterapkan.

Kerja remote atau sistem kerja telecommuting ini sebenarnya sudah banyak diberlakukan oleh beberapa perusahaan, terutama oleh perusahaan startup. Dengan semakin majunya teknologi dan perubahan revolusi industri 4.0 di Indonesia, bukan tidak mungkin jika PNS juga memberlakukan sistem kerja telecommuting.

Jika wacana ini benar-benar terealisasikan, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar sistem kerja remote tersebut dapat berjalan dengan efektif. Berikut kami sampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh sebuah perusahaan ketika mengijinkan karyawannya bekerja dengan sistem kerja remote.

  1. Gunakan software berbasis cloud

Jika perusahaan Anda masih mengandalkan hardware untuk menyimpan data, sekarang saatnya untuk memperbarui proses tersebut. Bagi pekerja remote, menggunakan teknologi berbasis cloud dan mobile friendly merupakan suatu keharusan. Perusahaan dapat menggunakan Google Drive atau Dropbox untuk memudahkan karyawan remote untuk mendapatkan dokumen atau informasi di mana pun mereka berada.

Baca Juga: Tips Menjaga Produktivitas Karyawan Remote atau Kerja Jarak Jauh

telecommuting

  1. Update kebijakan kerja untuk karyawan remote

Agar sistem telecommuting ini dapat bekerja dengan baik, Anda harus membuat kebijakan baru untuk mengatur karyawan remote. Sebagai contoh, berikut beberapa kebijakan yang dapat Anda pertimbangkan di perusahaan.

  • Perusahaan perlu menentukan posisi apa yang dapat memenuhi syarat untuk bisa bekerja  remote.
  • Ekspektasi availability karyawan harus dijabarkan dengan baik, apakah perusahaan membutuhkan availability karyawan dari jam 9 sampai jam 5 sore atau yang lain.
  • Untuk menjaga produktivitas, karyawan harus memiliki koneksi internet yang memadai.
  • Kewajiban karyawan untuk selalu menjaga rahasia perusahaan dengan mengakses data penting hanya melalui perangkat yang aman.

Beberapa point di atas adalah sebuah contoh, Anda dapat membuat kebijakan untuk karyawan remote sesuai dengan job desk atau peraturan perusahaan Anda sendiri.

  1. Persiapkan tools untuk mendukung sistem kerja telecommuting

Pekerja jarak jauh membutuhkan alat yang tepat untuk membantu pekerjaan mereka. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini sudah banyak tools yang dapat digunakan oleh pekerja remote untuk berkomunikasi serta menyelesaikan tugas meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda serta jauh dari kantor. Perusahaan dapat menyediakan Slack sebagai media komunikasi, Trello sebagai tools untuk project management yang baik, serta Dokodemo-kerja yang mampu mengawasi produktivitas karyawan remote.

Baca Juga: Tools ini Akan Membantu Anda ketika Bekerja Secara Remote

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan tools bernama Dokodemo-Kerja untuk memudahkan perusahaan dalam mengawasi kinerja karyawannya. Sistem ini mampu merekam dan menghitung jam kerja sehingga perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Dokodemo-Kerja memiliki beberapa kelebihan , yaitu :

  • Melacak dan memantau tugas karyawan hanya dalam satu klik.
  • Mendapatkan laporan waktu kerja karyawan secara mudah.
  • Mengelola jam kerja karyawan.
  • Melihat waktu kerja karyawan hanya dalam satu tampilan layar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan hubungi kami atau klik Layanan Dokodemo-kerja Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *